Lagu Terbaru Made Mawut Sindir Kondisi Politik

Mawut2

Made Mawut

SOLOIS Made Mawut yang lebih banyak dikenal bermain musik blues, merilis single baru berjudul “Sesat”. Sebagaimana lagu-lagu yang dinyanyikan sebelumnya, kali ini pun Made Mawut tak lepas dari kritik sosial. Bisa dibilang “Sesat” sebagai sindirian, bentuk kekecewaannya terhadap kondisi politik di Tanah Air.

Lewak liriknya yang lugas, Made Mawut menggambarkan bagaimana politikus acapkali mengesampingkan, bahkan cenderung melecehkan akal sehat, demi kepentingan sendiri atau golongan. Gembar-gembor demokrasi hanyalah wacana, realitanya rakyat selalu menjadi korban.

“Di balik demokrasi, norma moral dicampur seenaknya dalam urusan politik. Dimana politik memang kejam, memainkan isu agama dan ras itu yang membuat sebagian orang antipati dan masa bodoh,” ujarnya.

Lagu “Sesat” mulai dirilis di sejumlah digital platform sejak Senin (5/8). Bagi Made Mawut, ,engenalkan karya anyar berupa single akan lebih memudahkan khalayak. Namun demikian bukan berarti sekadar lagu tunggal, karena sejatinya “Sesat” merupakan bagian dari album keduanya “Merdeka 100%”yang digadang-gadang akan rilis bertepatan dengan HUT Proklamasi RI, 17 Agustus mendatang.

Ketika ditanya apa yang kuat mendorongnya merilis album rekaman, tidak cukup single saja, sambil berseloroh Made Mawut mengatakan, “Karena lama juga belum bertelor ya? Hehehe… kebetulan sudah ada beberapa karya yang dikumpulkan, ya jadi satu album”.

Sedikit bocoran, Made Mawut mengatakan konsep album ke-2 ini tak jauh berbeda dari album “Blues Krisis”, masih mengusung corak delta blues. Yang berbeda tentu saja tema lagu yang diangkat, dan kolaborasi dengan sejumlah musisi lain

Untuk rekamannya kali ini, Made Mawut digandeng Demajors selaku distributor. Lain dari itu, ada banyak nama-nama tenar di kancah musik yang turut berperan di albumnya kali ini. Sebut misalnya Dadang SH Pranoto, personel Navicula dan Dialog Dini Hari yang bertindak sebagai produser. Selain itu dalam beberapa lagunya Made Mawut juga berkolaborasi dengan musisi seperti Endah n Rhesa, Fendy Ritz, Truedy, Palel Atmoko, dan Eval Leftright.

“Kalau dilihat dari alat rekam dan semua engineer-nya seperti jauh ke bulan PP, lebih mumpuni. Bekerjasama dengan mereka saya tentu excited sekali. Salut dan angkat topi buat mereka semua, sebuah kehormatan,” demikian Made Mawut.(231)

Mawut1

Made Mawut