Berawal dari Kamar Kost, GIAN Luncurkan “Bubar”

G1

GIAN Band

BARU terbentuk dan baru saja berkarya langsung bubar? Ah, jangan terkecoh dulu. “Bubar” adalah judul single perdana, sekaligus perkenalan dari satu band pendatang baru, GIAN. Meskipun baru sebagai grup, GIAN didukung personel yang sudah cukup berpengalaman dalam bermusik sebelumnya. Menariknya, ide lagu “Bubar” tercetus dan digarap di satu kamar kost dua personelnya.

Lagu “Bubar” mulai dirilis secara resmi melalui sejumlah platform musik digital 1 Juli lalu. Menawarkan musik pop kekinian, lagu ini masih bertutur seputar problematika cinta. Ceritanya tentang seorang cowok yang ditinggalkan kekasihnya, yang memilih berpaling ke pria lain. “Walau demikian cowok yang ditinggalkan tersebut lebih memilih untuk ikhlas, karena ia idak ingin untuk mengganggu hubungan kekasihnya dengan pria lain yang telah dipilih,” jelas Gunggus, vokalis GIAN.

Diceritakan, single “Bubar” bermula dari ide kisah dari seorang teman. Ceritanya kemudian diolah menjadi lirik lagu, dan digarap sebagai home recording di salah satu tempat kost di daerah Panjer, Denpasr. Setelah lirik jadi, barulah proses pembuatan guiding music oleh Gunggus dan direkam oleh Nano, bassist GIAN. Keseuruhan proses berikutnya mulai dari sampling untuk drum, piano, keys, sequencer dan take gitar hingga mixing dan mastering dikerjakan di tempat yang sama.

“Kami memilih untuk memproduksi sendiri dulu rekaman pertama ini, menimbang biaya untuk sewa studio atau tempat produksi profesional di Bali lumayan juga. Walau begitu kami tetap memperhatikan sound yang dihasilkan agar tetap bisa dinikmati dengan nyaman. Dengan warna musik yang berbeda dan fresh kami berharap bisa memberikan sesuatu yang baru pada pendengar dan penggemar musik Bali,” tambah Gunggus.

GIAN sebagai singkatan dari Gunggus In Another Night resmi dibentuk pertengahan April lalu. Berawal dari pertemanan yang cukup lama dari personel, GIAN adalah band yang dibentuk atas rasa keinginin bermusik yang tinggi untuk menambah warna baru permusikan berbahasa Bali. Menariknya, grup ini baru terbentuk justru setelah Gunggus iseng membuat lagu “Bubar”. Sebagai vokali, Gunggus Panji mengajak Reno Joshua (gitar), Nano Edon (bass), dan Pandega (drum).

Menimbang selera bermusik juga perkembangan saat ini, GIAN mencoba memainkan lagu pop Bali dengan sentuhan British pop rock. Kesan ini pula yang diharapkan melekat pada GIAN nantinya. (231)

G2

GIAN, dari kiri ke kanan: Pandega, Reno, Gunggus, dan Nano