Kangen, Di Ubud Kembali Lagi

ubud

Di Ubud, dari kiri ke kanan: Tude, Tu Krisna, Gung Gepeng, dan Yori

GRUP band pengusung lagu berbahasa Bali, Di Ubud, siap-siap muncul lagi. Tak sekadar reuni, mereka sudah mempersiapkan satu lagu baru. Bahkan video klip juga sudah selesai suting dan memasuki proses editing. Kabarnya, lagu baru yang diberi judul “Rock N Roll 72” akan diluncurkan Juli nanti, diikuti konser ‘perdana’ Di Ubud era baru.

Kepada mybalimusic.com, Tu Krisna sebagai pentolan, vokalis, mengaku senang akhirnya bisa main bersama Di Ubud lagi. Hampir 10 tahun mereka tak bersama lagi, selepas rilis album “Monkey Republic” di tahun 2010. Ia pun tak memungkiri, memunculkan kembali grup yang terkenal dengan hits “I Luh I Luh” serta “Bulan dan Bintang” ini bukanlah hal mudah.

“Yang pasti susahnya minta ampun. Proses untuk bisa benar-benar kembali lagi, membangunkan kembali Di Ubud membutuhkan waktu tiga tahun. Akhirnya pelan-pelan kami sadar, ternyata kami sama-sama kangen satu sama lain. Hanya saja banyak hal yang membuat keinginan ini agak rumit, karena sudah pada sama punya kesbukan masing-masing,” papar Tu Krisna.

Meski masih tetap bermusik dengan grup lain, Tu Krisna mengakui personel sadar kalau mereka kangen tampil sepanggung lagi. Kangen pula bertemu teman-teman yang menghargai musik mereka. “Pokoknya pingin bikin karya-karya baru lagi untuk kenang-kenangan. Mumpung masih diberikan kesempatan, kesehatan dan rejeki untuk berkumpul lagi,” ucapnya.

Butuh Waktu 3 tahun. Pemunculan kembali Di Ubud tentunya akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa bagi para penggemar yang sudah lama menantikan band ini untuk bangun dari tidur panjangnya. Dibentuk dan mulai rekaman 2005, Di Ubud menghasilkan cukup banyak hits lewat empat akbum mereka, “Di Ubud” (2005), “Bali United” (2006), “Broken Made” (2007), dan “Monkey Republic”. Sayang, selepas rilis album ke-4, mereka memutuskan untuk istirahat dari ingar bingar musik Bali.

Ketika Krisna Purpa selaku vokalis membuat project KIS yang secara tidak terduga sangat diterima oleh pencinta musik Bali, jadwal panggung KIS yang padat membuat komunikasi antar personel Di Ubud makin jarang. Hingga akhir 2018 seluruh personel asli Di Ubud bertemu kembali sambil bincang santai, hingga akhirnya sepakat untuk membuat materi lagu untuk dilepas ke masyarakat. Lagu baru “Rock n Roll 72” sesuai judulnya membawa nuansa rock n’ roll yang cukup kental dan memasukkan unsur blues di dalamnya.

Untuk penampilan kembalinya, Di Ubud diperkuat Krisna Purpa (Gitar, vokal), Gung Gepeng (gitar melodi), Tude (drum), dan Yori (Keyboard). Sementara Cok Gus yang bermain bass sementara tidak ikut memperkuat Di Ubud karena kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan. Walau begitu Cok turut ikut terlibat dalam proses rekaman lagu yang akan segera dirilis ini. Nantinya untuk manggung, Di Ubud akan memakai additional bassist yang sudah dipersiapkan. (231)