“Kejar Tayang”, Mr. Rayen Semangat Rekaman

Rayen

Mr. Rayen dan Geg Ayu Cinta di lagu “Geg Ayu Sayang”

PENYANYI asal kota Negara, Mr. Rayen, belakangan ini makin gencar merilis lagu baru yang video klipnya langsung dipublikasikan lewat channel Youtube. Belum lama melepas lagu duet bersama Geg Ayu Cinta yang memasukkan musik dangdut, Rayen sudah muncul dengan lagu berbahasa Indonesia “Sirik”. Malah ketika lagu ini baru mulai dipublikasikan, ia sudah siap-siap menggarap lagu baru lainnya.

Ada apa, Mr. Rayen begitu semangat berkarya dan rajin sekali mengeluarkan rekaman baru? Kepada mybalimusic.com, Rayen hanya tertawa dan menjawab singkat, “Lagi kejar tayang”.

Usut punya usut, Rayen sedang melihat peluang bagus dalam mengembangkan kiprahnya di dunia musik. Setelah melepas lagu “Jokowi Lagi” enam bulan lalu, makin banyak publik yang mengenal dan penasaran dengan karya pria asal Loloan, Negara ini. “Gara-gara lagu Jokowi Lagi itu, subscriber saya di Youtube lumayan naik, dan kebanyakan orang luar Bali. Nah, ketika beberapa kali saya mengeluarkan lagu berbahasa Bali setelahnya, mereka pada komplin karena kurang paham bahasanya. Mereka pun bertanya, kapan lagu Indonesianya diunggah,” jelas Rayen.

Karena itu pula, penyanyi bernama asli Komang Rayendra Umbara ini mulai memutar otak bagaimana bisa memberi perhatian lebih banyak untuk menggarap lagu berbahasa Indonesia, selain tetap membuat lagu berbahasa Bali juga tentunya.

Agar tidak sekadar kejar tayang, Rayen pun berusaha tetap memikirkan dan menjaga kualitas. “Intinya saya berusaha untuk tetap bisa eksis om, berusaha membuat karya yang lebih berwarna lagi jenis musiknya. Untuk sementara ini saya melihat peluang di Youtube cukup bagus untuk mendapatkan timbal balik atau rejeki, walau mungkin nggak seberapa nilainya, tapu cukup besar sebagai penyemangat,” demikian Rayen.

Meskipun baru mulai banyak dikenal belakangan, Mr. Rayen sesungguhnya bukanlah sosok baru di jalur musik. Sejak pertengahan 2000-an ia sudah mulai bermusik. Tahun 2006 ia bergabung di grup band rock Batara, kemudian sempat membentuk band pop “Blueberry”. Hingga lama vakum dari aktivitas bermusik, 2017 Komang kembali melanjutkan bermusik dengan memunculkan nama Mr. Rayen. Namun kali ini ia mencoba merambah blantika musik pop Bali. Satu album berjudul “Demi I Luh” diluncurkan 2018 lalu sebagai awal solo kariernya. Selepas itu ia merilis sejumlah single seperti “Jokowi Lagi”, “Gara-gara Hoax”, “Cang Jak Ci”, dan lagu duet “Geg Ayu Sayang”. (231)