“No Trust, No Pain”, Alien Child Makin Jadi

AC4ALIEN Child lagi. Ya, mereka baru saja meluncurkan single terbaru mereka tahun ini, “No Trust, No Pain”. Ini menjadi bagian ke-2 dari trilogy yang disiapkan, setelah “Taksu” dan yang akan datang “Breathe”. Saat menggelar jumpa pers sekaligus peluncuran video klip di kampus Elizabeth International di Denpasar, Rabu (29/5) duo kakak beradik Aya dan Laras ini mendapat banyak pujian karena dinilai makin jadi dan makin matang dalam berkarya.

“No Trust, No Pain” pada dasarnya menceritakan tentang seseorang yang sudah terlalu banyak disakiti oleh orang yang ia cintai. Bahkan orang yang paling dekat dengannya bisa menjadi orang yang paling menyakitinya.

“Lagu ini pada intinya ingin menyampaikan agar kita jangan gampang percaya sama orang lain agar tidak gampang tersakiti. Saat kita punya harapan tinggi jatuhnya pasti sakit, iya kan?. Di saat kita makin dewasa, juga akan makin mengecil, karena orang terdekat lingkaran pertemanan juga akan makin mengecil, karena orang  terdekat atau tersayang bagi kita bisa saja menjadi orang yang menyakiti kita,” jelas Laras yang menulis lagu ini.

Namun demikian, tambah Laras, lewat lagu ini Aliend Child tak bermaksud mengajak orang berpikiran negatif.  Tujuannya hanya ingin menceritakan satu fase dalam kehidupan di mana tiap orang pasti pernah melewatinya. Lewat “No Trust, No Pain”, Aya dan Laras juga mencoba mengeksplorasi lebih luas kemampuan mereka dalam menggarap lirik, aransemen musik, hingga mengkonsep storyboard untuk video klip yang  dipercayakan kepada Matakarsa Visual. Kepada wartawan, Laras mengaku ide awal lagu ini justru muncul saat ia “berantem” dengan sang kakak, Aya.

“Tapi dipikir-pikir, daripada berantem, kenapa tidak garap jadi musik saja, untuk baikan dan akur lagi. Kalau ide dan lirik lagunya sih langsung jadi sehari itu, tapi konsep musiknya yang beberapa kali berubah,” cerita Laras.

“Awalnya aransemen untuk lagu ini agak slow. Tapi setelah didengar lagi, kayaknya nggak kayak begini deh, kami rombak lagi beberapa kali akhirnya jadi seperti sekarang ini,” terang Aya.

AC1

Alien Child

Di lagu “No Trust, No Pain” pula, Aya tampil tidak dengan apa ciri khasnya selama ini, bermain biola juga keyboard. Di sini Aya mulai lebih banyak menyanyi, mengambil porsi berimbang dengan Laras. Jadilah keduanya berbagi peran dengan baik untuk menghidupkan lagu yang intinya ingin berpesan tak ada cinta tanpa kepercayaan, tak ada cinta tanpa penderitaan. Sejalan dengan itu, video klip digarap dengan konsep sinema bergaya thriller.

“Kami sengaja menggarapnya sedikit misterius, akan menjadi tanda tanya siapa yang jahat, siapa yang berkhianat dalam adegan di video klip ini. Jadi ada dua bagian dalam video klip ini, untuk bagian lagu, kami menggunakan kostum putih, sedangkan untuk bagian sinema sesuai plotnya kami menggunakan kostum hitam. Semuanya didukung dengan permain lighting yang warnanya disesuaikan dengan masing-masing sekuen,” papar Laras.

Menariknya, “No Trust, No Pain” menjadi karya video klip pertama yang digarap videographer Yudi Pranatha dari Matakarsa, yang sebelumnya banyak bergerak untuk keperluan wedding.  Untuk penggarapan video klip hingga acara peluncuran, Alien Child didukung oleh Elizabeth International. Alien Child menjadi artis kedua yang didukug oleh lembaga pendidikan di bidang hospitality ini sebagai bagian dari philantrophy project mereka.

“Ketika tahu, mendengar Alien Child, saya pikir mereka cuma meng-cover lagu. Saya tidak menyangka kalau di Bali ada bakat seperti mereka. Ketika tahu mereka memiliki orisinalitas karya,  apalagi sekarang kita berada di revolusi industri 4.0, tak ada batasan dalam berkarya untuk menjangkau ranah yang sangat luas bahkan internasional, maka ketika melihat ada kesempatan ikut support talent ini, kurang dari 24 jam kami putuskan untuk support. Mudah-mudahan ini akan menjadi momentum bagus, menginspirasi yang lainnya untuk berkarya,” jelas I Nyoman Sukadana, A.Md.,Par., S.E., pendiri Elizabeth International.

Sebelum menjelma menjadi Alien Child, Aya dan Laras sudah memulai kreativitasnya dalam menggarap lagu sejak 2015. Awalnya mereka muncul dengan  nama Aya & Laras BTMDG. Cukup banyak lagu-lagu orisinal yang mereka garap sendiri dan dipublikasikan melalui channel Youtube. Pertengahan tahun lalu, mereka bertransformasi menjadi Alien Child. Didahului dengan rilis single berjudul “Your Love”, tiga bulan berikutnya Alien Child melepas album pertama “Takeoff”. Lewat album ini mereka diganjar dengan penghargaan untuk kategori “Pendatang Baru Terbaik”, “Penata Musik Terbaik” dan unggulan di kategori album terbaik, lagu terbaik, dan “Your Love” sebagai lagu terfavorit. (231)

AC2

Alien Child di video klip “No Trust, No Pain”