“Ngenehang”, Yessy Kolaborasi dengan Adik

YD1
Yessy Diana

SETELAH sempat membuat penasaran penggemarnya hanya lewat potongan-potongan adegan, akhirnya biduanita pop Bali, Yessy Diana meluncurkan video klip “Ngenehang”, Selasa (14/5) malam. Disaksikan penggemar dan rekan-rekan musisi Bali, video klip lagu terbaru Yessy tersebut ditayangkan dalam satu acara di salah satu tempat nongkrong di kawasan pantai Matahari Terbit, Sanur.

Untuk pertama kalinya pula, Yessy berkolaborasi dengan adik kandungnya, Yessa, yang menciptakan lagu “Ngenehang”. Sebelumnya mereka memang sudah sering tampil bersama di berbagai acara, namun dalam posisi Yessa sebagai musisi pengiring dengan permainan gitarnya. “Awalnya Yessa mengatakan ada lagu, mau nggak saya menyanyikan. Nah, saya coba dengarkan dulu, kalau cocok, kenapa tidak? Ternyata lagunya bagus dan saya suka, ya saya ambil untuk langsung direkam,” jelas Yessy kepada awak media.

Menurut Yessa, ide membuat lagu “Ngenehang” muncul begitu saja. Seperti biasa kalau lagi santai, main gitar, lalu muncul ide untuk membuat lagu. “Jadi tidak bisa direncanakan juga, idenya muncul spontan. Jadi kalau ditanyakan apakah setelah ini saya akan bikin lagi lagu-lagu lainnya untuk dibawakan oleh kakak saya, ya kita lihat saja nanti, kalau memang ada ide dan kesempatan, kenapa tidak?” kilahnya.

Yessy Diana menjelaskan, di lagu “Ngenehang” ia kembali ke warna pop melankolis yang romantis sebagaimana lagu pertamanya dulu, “Pade Ngelahang”. Ia sempat mencoba irama yang lebih nge-beat dan temponya lebih cepat di lagu “Jomblo Bagia” dan “Bukti Tresna”. Baginya, ini  sebagai upaya agar apa yang ia tampilkan bisa lebih berwarna. Namun begitu ia menyatakan tak ada target khusus atau harapan muluk-muluk dari apa yang ditampilkannya.

“Kalau saya ingin menyanyi, ya saya menyanyi saja. Tujuan saya agar banyak yang bisa terhibur,” tukasnya.

“Ngenehang” juga menjadi lagu pertama Yessy yang digarap bekerjasama dengan arranger Ketut Sila dari Silahome Studio. Menariknya, saat pertama kali Yessy menghubungi niat untuk rekaman, Sila mengaku belum ngeh dan masih bertanya-tanya ini Yessy yang mana ya?. Bahkan setelah “sadar” yang menghubunginya Yessy Diana, yang lagunya menjadi salah satu favorit putrinya, Sila masih skeptis.

“Saya awalnya berpikir, ah paling ini penyanyi editan. Maksudnya, ia bisa terdengar menyanyi bagus di rekaman karena sudah diedit, kan dibantu program. Tapi setelah mulai take vocal, termasuk untuk dua rekaman lagu cover version, saya harus akui kalau saya keliru. Yessy memang bagus kalau menyanyi, ia punya vokal yang oke juga,” puji Sila.

Selain lagu romantis yang diharapkan bisa mengena di hati penikmat lagu berbahasa Bali, “Ngenehang” juga digarap apik oleh sutradara Bagus Windi dari Jibolba Baker. Kali keempat bekerjasama dengan Yessy Diana, Gus Windi mencoba menggarap video klip “Ngenehang” dengan konsep sinema, sehingga terkesan lagu ini seperti soundtrack sebuah film. Menampilkan Yudi Dermawan (vokalis Leeyonk Sinatra) sebagai model utama, Bagus Windi mengaku penggarapan video klip ini cukup berat dan banyak tantangan. Selain berusaha mewujudkan konsep adegan-adegan dramatis dan sesuai dengan lagu, juga kendala cuaca saat suting. Lain dari itu, ia yang didukung filmmaker IB Hari Kayana mencoba menggunakan beberapa konsep dan cara baru dalam pengambilan gambar. “Jadi bisa dibilang ini eksperimen juga,” demikian Bagus Windi.

Yessy Diana awalnya adalah penggemar lagu pop Bali yang lama-kelamaan tertarik untuk mencoba penyanyi. Setelah awalnya ia lebih banyak bergelut dengan pemotretan sebagai model, namun belakangan ia makin intens mengikuti perkembangan lagu pop Bali, hingga banyak bersentuhan dengan komunitas musik dan akhirnya memutuskan untuk terlibat langsung di dalamnya. Awalnya iseng-iseng mencoba menyanyi di sosmed untuk mengetahui respon orang lain, ternyata banyak yang suka. Agustus 2017 pertama kali ia merilis rekaman “Pada Ngelahang”. Mendapat sambutan baik, ia pun melepas “Jomblo Bagia” Februari 2018, disusul “Bukti Tresna” September 2018, dan yang terbaru, “Ngenehang”. (231)

About the author