“Kunci Hati”, Kolaborasi Unik Tiga Kota

Jonfer

Andela x JonFer

PERKEMBANGAN dunia musik di Bali selalu saja memunculkan hal-hal baru yang sering kali di luar dugaan. Baru saja, beredar satu lagu baru berbahasa Indonesia dengan judul “Kunci Hati”. Lagu yang sudah mulai bisa didapatkan pada digital platform seperti Spotify, Apple Music, iTunes dan Youtube ini bisa dikatakan satu kolaborasi unik tiga kota, Bali-Solo-Jakarta.

Ya, begitulah. ”Suara Hati” menjadi proyek perdana, kerjasama antara Jonathan Ferdyan alias JonFer dari Bali dengan Andela Yuwono, eks personel JKT 48. Selain itu dalam proses rekamannya juga melibatkan peran arranger Yessy Kristianto dari Jakarta. Nama JonFer yang dalam keseharianya akrab disapa Ferdy mungkin belum banyak yang tahu, namun menyebut nama  sang ayah, alm. Jimmy Sila’a, kiranya penikmat musik di Bali sudah pada mahfum.

Pertemuan Jonfer dengan Andela terjadi ketika Ferdy yang menjajal dunia musik dan panggung hiburan di Jakarta, sempat mendukung beberapa musisi nasional termasuk Andela saat masih bergabung di JKT 48. “Setelah dia keluar dari JKT 48, kami masih tetap berteman, sampai akhirnya terjadi satu perbincangan untuk membuat satu project duet. Nah, project ini terjadi di tiga kota. Saya di Denpasar, Andela di Solo dan Yessi Kristianto sang arranger ada di Jakarta,” jelas Ferdy kepada mybalimusic.com.

Untuk penggarapan musik “Kunci Hati” dilakukan secara simultan, di mana Ferdy kerap berdiskusi, konsultasi dengan Yessi Kristianto yang dikenal sebagai keyboardist grup band SamSonS. Setelah beberapa kali rombak nada, akhirnya terciptalah komposisi seperti rekaman yang beredar saat ini.

“Pengerjaan musiknya saya pantau lewat telpon, dan untuk proses rekamannya sendiri, Andela datang ke Bali untuk take vocal di studio Midiquest Bali,” ujar Ferdy.

Menariknya, Ferdy menyatakan lagu ini adalah lagu yang sesungguhnya sangat amat sedih menurutnya. “Saya saja nggak nyangka bisa ciptain lagu seperti ini, he he he… Ini lagu tentang orang yang susah move on dari mantannya dan ingin mencari, kembali bersama mantannya,” tandasnya.

Di lagu “Kunci Hati”, Ferdy dan Andela berbagi porsi secara berimbang.  Ferdy mengisi di verse 1, Andela menyanyi di reff 1. Kemudian  Andela menyanyi verse 2, Ferdy menyanyi di reff 2. Terakhir mereka menyanyi bersama di reff 3. (231)