“Ogoh-Ogoh”, Pemanasan Exokadal untuk Album #2

exo

Exokadal band Bali

OGOH-OGOH, tradisi menjelang Hari Raya Nyepi, masih kuat menarik minat musisi untuk menuangkannya ke dalam satu lagu. Setelah band reggae Joni Agung & Double T merilis lagu tentang ini beberapa waktu lalu, sekarang giliran Exokadal yang unjuk kebolehan. Band rock dari Negara ini juga belum lama melepas single sekaligus video klip “Ogoh-Ogoh”.

“Pertimbangannya sederhana saja. Kami dari Exokadal Band ingin turut menampilkan satu karya musik yang bercerita tentang Ogoh-Ogoh untuk menyambut Hari Raya Nyepi,” jelas Exo alias Gus Bintang, vokalis Exokadal kepada mybalimusic.com.

Kalau Exokadal ngebut menyelesaikan proses rekaman dan video untuk lagu yang diciptakan Yuda Prastya (band JR 17) ini, tentu untuk mengejar momentum Nyepi yang sudah makin dekat. Meskipun memiliki kesamaan tema dengan beberapa lagu berbahasa Bali yang pernah dirilis, namun Gus Bintang menyatakan tentu saja ada yang membedakan “Ogoh-Ogoh” Exokadal. Setidaknya dari pilihan jenis musik yang terkesan lebih cadas.

“Nah, lagu  ini sendiri menjadi single pertama yang kami lepas dari album #2 Exokadal yang akan mengambil judul Leak Milenial,” jelas Gus Bintang.

Ia pun memberi bocoran, album #2 band yang memproklamirkan diri sebagai pengusung musik rock melodic ini akan berbeda dengan album pertama “Suba Kadong Belus” yang dirili 2018 lalu. Selain jumlah lagu yang lebih banyak – akan ada 12 lagu berbahasa Bali nantinya –, tema yang diangkat juga lebih banyak masalah sosial kemasyarakatan, realita kehidupan. Lagu bertema cinta tetap ada, namun hanya dua lagu saja.

Awalnya, Exokadal adalah solo project Exo yang punya nama lengkap I Gusti Putu Eko Negara. Berawal dari pengalaman pribadi, kuat mendorongnya untuk menggarap sejumlah lagu dan merekamnya secara sederhana sekitar tahun 2013. Termasuk beberapa lagu yang kemudian menjadi materi album pertama mereka, “Suba Kadong Belus”. Namun materi rekaman ini belum sempat dipublikasikan secara luas. Hingga 2016 silam, muncul kembali niat untuk merilis rekaman, dan kebetulan Exo bertemu dengan teman-temannya yang sama-sama menaruh minat besar di musik. Terbentuklah Exokadal sebagai perpaduan dua kata, Exo dan Kadal (gabungan sejumlah rekan kontraktor yang turut terlibat dalam penggarapan rekaman). Hingga saat ini, Exokadal didukung formasi Exo (vokal) Alit  (gitar melodi), Sus – (gitar ritem,) Odix (bass), dan Jay (drum). (231)