“Taksu”, Garapan Baru untuk Kaum Milenial

Taksu

Alien Child, Laras dan Aya

ALIEN Child lagu. Duo musisi belia ini menunjukkan bagaimana energi dan semangat mereka berkarya sedang hangat-hangatnya. Baru empat bulan merilis album “Takeoff”, mereka sudah melontarkan amunisi baru. Satu single berjudul “Taksu” baru saja dirilis Jumat (15/2) melalui akun Youtube Alien Child dan sekaligus digital paltform  seperti Spotify, iTunes, Deezer, Tidal dan Langit Musik.

Ada yang berbeda dari “Taksu” dibandingkan karya-karya Alien Child sebelumnya. Di lagu baru ini, kakak beradik Aya dan Laras mencoba meracik unsur tradisi, pop, dan rap, yang dibuat khusus untuk kaum milenial. Jadilah lagu ini bagaikan olahan “gado-gado“ ala Alien Child.

“Lagu Taksu memang berbeda aransemennya dengan lagu-lagu kami di dalam album Takeoff sebelumnya. Kali ini kami menggunakan unsur-unsur nada pentatonik namun memadukannya dengan nuansa rap dan pop khas Alien Child,” ujar Laras Maranda, penulis lirik sekaligus vokal utama Alien Child.

Dijeaskan, lewat lagu ini Alien Child ingin bercerita bagaimana tiap orang pasti memiliki taksu, divine power atau spiritual charisma. Apa yang disebut taksu berada di dalam diri seseorang, tidak bergantung pada warna kulit, umur, bentuk tubuh atau identitas gender. “Di saat kita mampu untuk melakukan banyak hal yang hebat dengan taksu itu, pasti ada saja orang yang ingin menjatuhkanmu. disaat itu terjadi, jangan dipedulikan, tetap jadi diri sendiri dan terus berkarya,” papar Laras.

Hal berbeda lainnya, untuk lagu “Taksu” ini diproduksi sendiri oleh Aya dan Laras – Alien Child. Mulai dari penulisan lagu, aransemen musik, hingga produksi video klip. Jika proses aransemen musik sekali lagi ditangani Aya, maka untuk pembuatan video klip, giliran Laras yang turun tangan. Menariknya, suting dilakukan di Museum Seni Lukis Nyoman Gunarsa, Klungkung, di mana Aya dan Laras secara khusus mengenakan adibusana yang dikerjakan perancang kenamaan Bali, Tjok Abi.

Di sisi lain Aya menjelaskan, sebagaimana pernah diungkapkan dalam kesempatan wawancara terdahulu, di tahun 2019 Alien Child memang punya keinginan membuat rekaman trilogy. “Album trilogi Taksu ini akan berisi tiga lagu yang berkaitan satu sama lain. Album ini menandai pertumbuhan remaja kami menuju tahapan dewasa dan lebih matang,” pungkas Aya.

Sebelum menjelma menjadi Alien Child, Aya dan Laras sudah memulai kreativitasnya dalam menggarap lagu sejak 2015. Awalnya mereka muncul dengan  nama Aya & Laras BTMDG. Cukup banyak lagu-lagu orisinal yang mereka garap sendiri dan dipublikasikan melalui channel Youtube. Pertengahan tahun lalu, mereka bertransformasi menjadi Alien Child. Didahului dengan rilis single berjudul “Your Love”, tiga bulan berikutnya Aliend Child melepas album pertama “Takeoff”. Album ini meraih sejumlah unggulan di ajang Anugerah Musik Bali 2019, termasuk untuk kategori album terbaik, pendatang baru terbaik, dan “Your Love” sebagai lagu terfavorit. (231)