“Ikhlas”, Pemanasan Tridatu Sebelum Album Baru

TD1

Tiga personel Tridatu, dari kiri ke kanan: Adix (vokal), Gung Pramana (gitar ritem), dan Gus Wira (gitar melodi)

SETELAH setahun lalu merilis video klip “Tresna Sing Gelahang”, grup band Tridatu kembali meluncurkan satu video klip baru. Lagu berjudul “Ikhlas” dipilih untuk mengawali kiprah band ini di tahun 2019. Menariknya, seperti yang sebelumnya, video klip ini juga diangkat dari lagu lama, album “Tresna Pertama” yang dirilis 2017.

“Kami sengaja membuat video klip masih dari album terdahulu. Ya … anggap saja ini sebagai pemanasan, sebelum mengeluarkan album baru,” ujar Gus Wira, gitaris Tridatu, kepada wartawan di Denpasar, Jumat (11/1).

Dijelaskan, video klip “Ikhlas” digarap sedemikian rupa dengan beberapa adegan yang menyerupai film remaja “Dilan”. Video klip tersebut diperkenalkan sekaligus diluncurkan dalam satu acara pentas khusus di Kuta, Sabtu (12/1) malam. Meskipun mengangkat materi dari album lama, menurut Gus Wira, tidak mengurangi minat dan perhatian dari penggemar band ini. Bahkan undangan yang disebarkan untuk acara, dua hari sebelumnya sudah melampaui target.

“Mungkin di media sosial kami tidak begitu tampak atau tak terlalu muncul seperti band-band lain. Tapi kalau untuk tampil live di beberapa acara, masih banyak yang tahu dan kenal dengan lagu-lagu kami,” tambahnya.

Didampingi dua personel Tridatu lainnya, Adix (vokal), da Gung Pramana (gitar ritem), Gus Wira menjelasan untuk materi album baru sudah rampung proses rekamannya. Sekarang masih dalam proses mixing dan mastering di Oi Studio, Canggu. Namun kapan album ini akan diluncurkan, Tridatu masih belum menetapkan waktu sembari melihat peluang sembari melakukan persiapan lebih baik.

Tridatu Band dibentuk dan mulai berkiprah di musik Bali sejak 2012. Namun seperti band kebanyakan, mereka pun harus melewati berbagai kendala hingga baru bisa unjuk gigi, menghasilkan karya sendiri di tahun 2017 dengan merilis “Tresna Pertama”. Hingga saat ini Tridatu didukung tiga personel tetap Adix (vokal), Gus Wira (gitar melodi), Gung Pramana (gitar ritem). Sedangkan untuk penampilan di berbagau acara, mereka menggaet beberapa additional player.

Dengan rilis tiga video klip “Tresna Pertama”, “Tresna Sing Gelahang”, dan “Ikhlas”, Tridatu berharap bisa makin eksis di blantika musik pop Bali. Begitu pun karya mereka bisa diterima masyarakat luas, dan tetap mewarnai musik Bali dengan sentuhan nuansa modern tanpa meninggalkan budaya Bali terutama bahasanya.  (231)

TDT

Tridatu band