“Sing Saje”, Sandi Gaet The Binghi Uye

Sandi2

Adi Uye dan Sandi Lazuardi

SANDI Lazuardi, musisi muda yang selama ini dikenal banyak main bersama Joni Agung & Double T. mencoba menggarap project sendiri. Menggandeng grup band reggae asal Uluwatu, The Binghi Uye, Sandi baru saja merilis single yang diberi judul “Sing Saja”. Menurut Sandi, kolaborasi antara mereka terjadi karena memang sudah ada kedekatan sebelumnya, sehingga tak sulit menghasilkan satu karya bersama.

“Proses rekaman hingga pembuatan video klip berlangsung dalam waktu yang begitu singkat, tanpa ada hitung-hitungan budget, karena apapun dikerjakan atas dasar saling menolong, saling support,” jelas Sandi.

Lagu “Sing Saja” yang ditulis Sandi bersama Adi Uye, vokalis The Bingi Uye, menceritakan tentang seorang wanita cantik yang sering kali memberi harapan palsu kepada banyak pria. Banyak pria yang dihubungi, diajak chatting, ditelepon dan video call, namun akhirnya ketahuan semua permainan sang wanita.

Meskipun masih tak bergeser dari irama reggae, menurut Sandi, lagu “Sing Saja” mencoba menawarkan reggae yang terkesan lebih unik dibanding reggae Bali umumnya. Untuk itu Sani Lazuardi feat. The Bingi Uye mencoba  mengusung aliran lovesrock, reggae yang lebih manis dan romantis. Selain mengisi gitar dan vokal bersama Adi Uye, Sandi juga mengaransemen sendiri musik untuk “Sing Saja”. Sedangkan instrumen lain direkam secara digital dengan dukungan DJ Martin Culture. Walau untuk rekaman menggunakan musik digital, namun dalam penampilannya, Sandi didukung langsung  The Bingi Uye yang beranggotaka Adi Uye (vokal), Richo (gitar melodi,  suling), Komang Ardana (rindik dan perkusi), Sony (gitar ritem), Wawan (keyboard), dan Angga (drum).

Sebelum berkecimpung di musik, Sandi yang dilahirkan di Denpasar, 19 Maret 1986, sempat mengawali karier di bidang pariwisata, bahkan kemudian menjadi penjaga toko sekaligus sales kosmetik selama 9 tahun. Uniknya, karena terobsesi kuat dengan musik, tiap kali mendapat gaji, selalu digunakan untuk membeli alat musik. Hingga 2013 Sandi memutuskan untuk berhenti bekerja dan menimba ilmu musik dengan kuliah di ISI Denpasar jurusan musik modern. Selain itu ia bekerja sebagai musisi cafe dan pengajar musik untuk privat, SD maupun sekolah musik. Dua tiga tahun terakhir, kesibukan Sandi bertambah dengan dilibatkannya untuk project rekaman Joni Agung & Double T. termasuk tampil live di berbagai acara. (231)

Sandi1

Sandi (paling kanan) bersama The Binghi Uye

Sandi3