Lagu Baru untuk Penyandang Disabilitas

Alami

AC Alami

PENYANYI lagu pop Bali, Ary Ceper atau yang lebih dikenal dengan nama AC Alami kembali merilis karya baru. Satu single berjudul “Rencana Tuhan” dijadikannya sebagai kado akhir tuhan. Namun jangan terkecoh dengan judul, karena ini bukanlah lagu rohani.

Ary menceritakan, awalnya ia merasa iba melihat anak-anak yang memiliki kekurangan, terutama penyandang disabilitas dan autis. “Sebenarnya mereka punya sama kayak kita, walau memiliki kekurangan, sebenarnya itu kelebihan mereka; tapi terkadang mereka sering diolok-olok, dijadikan bahan bully. Ini yang bikin mereka kadang minder dan menarik diri.  Nah saya bikin lagu ini,” ujarnya

Lewat lagu, Ary ingin memberi pesan untuk mereka yang merasa kurang, kesepian, sering dipojokkan. Bahwa mereka memiliki kelebihan sama seperti yang lain, jadi harus bebas seperti kupu-kupu, harus tetap berkembang dan seperti tunas. “Tuhan punya rencana yang terbaik untuk mereka,” demikian pria bernama asli Putu Ary Widyantara ini.

Meskipun tidak gembar-gembor bahkan tak begitu masiv dalam mempromosikan karyanya, Ary termasuk produktif dalam berkarya. Menariknya, pria yang sudah mulai bermusik sejak masih remaja ini merasa lebih nyaman menggunakan nama AC Alami dalam karyanya. “Saya tidak bisa kerja sendiri, banyak orang yang menginspirasi saya. Jadi terlalu egois kalau pakai nama jor-joran begitu,” kilahnya.

Pilihan akan nama AC Alami, menurut musisi kelahiran 1 Juli 1988 ini, karena lagu-lagu yang ia ciptakan karena pengalaman pribadi. Begitu juga untuk musik, diupayakan memberi nuansa berbeda, tidak membuat pendengarnya “gerah” tetapi malah terasa sejuk dan nyaman, biar seperti AC, sesuai namanya. Sebelumnya, AC Alami telah merilis beberapa single melalui Youtube, seperti “TBC (Tresna Berharap Cinta)” dan “Adi Mantap”. (231)