Akhir Tahun, Lagu Baru Lagi

Putri1

Putri Bulan

BIDUANITA pop Bali, Putri Bulan, kembali menunjukkan kiprahnya sebagai solois. Menjelang akhir tahun ini, ia mengeluarkan amunisi baru. Satu lagu berjudul  “Sing Sanggup” dirilis bertepatan dengan rahinan Purnama, 22 November lalu. Saat bersamaan video klip lagu slow ini juga mulai dirlis ke publik melalui channel di Youtube.

“Sing Sanggup” menjadi lagu kedua yang dirilis Putri Bulan tahun ini, setelah “Aku Punya Kamu” Mei lalu. Jika di lagu sebelumnya ia mengangkat tema kebahagiaan seorang istri yang sangat bersyukur mendapatkan pasangan idaman, sebaliknya di lagu terbaru mengangkat keluh kesah seorang wanita yang merasa sudah tak sanggup meneruskan hubungan dengan sang kekasih. Ini juga menjadi kerjasama pertama penyanyi kelahiran 22 September 1988 itu dengan pencipta lagu D’go Vaspa.

“Memang sudah menjadi rencana sejak lama, untuk merilis satu lagu lagi tahun ini. Cuma saya belum tahu akan merekam lagu apa. Saat disodorkan beberapa lagu, saya langsung merasa cocok dengan Sing Sanggup,” ujar Putri Bulan kepada awak media di Denpasar, Minggu (25/11).

Menurut D’go Vaspa sang pencipta lagu, satu ketika ia ditelepon oleh Sila, arranger sekaligus pemilik studio rekaman Sila Homestudio, yang menananyakan apakah ia punya stok lagu. “Saya memang ada beberapa stok lagu. Belum diperdengarkan semua, ternyata Putri Bulan memilih Sing Sanggup. Awalnya lagu ini musiknya kental dengan nuansa tradisional, lalu menyesuaikan dengan karakter vokal dan keinginan Putri Bulan, musiknya dirombak lagi menjadi lebih  modern,” jelas D’go.

Hal senada juga disampaikan Sila. Meskipun belakangan banyak menangani rekaman penyanyi solo, ia berusaha memahami dan memberi sentuhan berbeda sesuai karakter si penyanyi. Karena Putri Bulan menggemari dan cocok dengan lagu model nyanyian Raisha dan Isyana Saraswati, musiknya pun dibuat terkesan modern atau lebih kekinian.

“Pada dasarnya saya ingin mengubah konsep, memberikan kesan berbeda terhadap rekaman lagu pop Bali. Selama ini banyak yang meledek rekaman lagu pop Bali nada rekaman pop Bali segitu-segitu saja seperti suara orang ngikih nyuh (memarut kelapa). Karena itu melalui rekaman seperti Putri Bulan ini saya coba menunjukkan musik lagu pop Bali juga bisa dibuat lebih variatif dan kekinian,” papar Sila.

Mungkin karena kecocokan, kesamaan persepsi antara penyanyi, pencipta lagu dan penata musik, proses rekaman “Sing Sanggup” dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Untuk penggarapan video klip, Putri Bulan sekali lagi bekerjasama dengan Andy Duarsa, yang kali ini menampilkan sisi lain keindahan alam di Nusa Ceningan dan pantai Mertasari, Sanur.

Sebelumnya, Putri Bulan sudah mengawali karier di lagu pop Bali dengan menyanyikan lagu “Taman Kota”. Berikutnya, ia digaet produser Ketut Asmara dari Januadi Record untuk bergabung dengan Irene dan Gek Triana di Trio Kirani. Trio yang terbentuk 2007 ini sempat meramaikan kancah musik pop Bali dengan album “Galak”, “Ratu Sejagat”, serta album kompilasi “Kode Alam”, “Layah Tanpa Tulang” dan terakhir “OMG” di tahun 2015. (231)

Putri2

Putri Bulan bersama penata musik Sila, pencipta lagu D’Go Vaspa, produser Januadi Record Tut Asmara, dan sutradara video klip Andy Duarsa