Jazz Market by The Sea Tampilkan Kolaborasi Musik Kreatif

Sandy Winarta, Syahrani

Sandy Winarta, Syaharani

SETELAH Ubud Village Jazz Festival berlangsung dengan sukses dua pekan silam, kini satu lagi gelaran musik jazz berkelas digelar di Bali. Selama tiga hari, mulai Jumat (16/8) ini, Jazz Jazz Market By The Sea bakal dihelat di Taman Bhagawan, Tanjung Benoa. Selain pertunjukan jazz yang dipadukan dengan pasar seni, juga dilangsungkan serangkaian workshop dan klinik musik bersama musisi yang akan tampil.

Menurut Jappy Sanger, salah satu inisiator acara ini, Jazz Market by The Sea adalah sebuah perayaan budaya yang diselenggarakan secara berkala untuk menunjukkan bakat luar biasa dari Indonesia lewat musik, seni, pendidikan, dan aktivitas sosial.

Hari pertama Jumat (16/8), Jazz Market by The Sea akan menampilkan Sound of Mine, Kevin & Friends, Balawan & The Rising Star, Bali Guitar Club, Lisa Soul & Friends, Ireng Maulana. Sabtu (17/8) bertepatan dengan HUT Proklamasi RI ke-58, 17 Agustus, akan tampil Clinic, Bagus Acoustic Trio, Sarasvati Trio, Khatulistiwa, Bali Keroncong Fusion, Syaharani and Queenfireworks, Balawan & The Maestro. Sebagai pemuncak di hari terakhir, Minggu (18/8) tampil Dialog Dini Hari, Widi Noor Fusion, Zeus Little Alliance, Dede & The Cozy Fusion, Sandy Winarta Kwartet dan Barry Likumahuwa.

“Untuk gelaran ini kami mencoba menampilkan kolaborasi music kreatif. Musisi terbaik Indonesia seperti Ireng Maulana yang legendaris, ESQI:EF (Syaharani and Queenfireworks), Balawan& Maestro, Barry Likumahuwa, Sandy Winarta Quartet, Dialog DiniHari, dan Widi Noor Fusion menjadi highlight acara ini. Uniknya, mereka akan menggabungkan musik mereka dengan beberapa kesenian tradisional, termasuk kecak, janger dan keroncong,” jelas Jappy

Syaharani, salah satu artis yang akan tampil menjelaskan, ia bersama ESQI:EF akan memainkan decorative jazzy rootsmusic. “Seperti yang diminta oleh pihak penyelenggara, kami tengah menyiapkan perubahan aransemen lagu-lagu kami agar terdengar lebih etnik, dan agar bias berkolaborasi dengan perkusi Bali. Formasi istimewa ini khusus kami buat untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia,” papar Syaharani.

Sementara Sandy Winarta menyatakan kegembiraannya bias menjadi bagian dari Jazz Market by The Sea. Kali ini Sandy akan tampil bersama project pribadinya. “Ini bukan semata hanya kolaborasi musik, tetapi kolaborasi semangat dan filosofi musik untuk menciptakan satu bentuk seni yang unik,” jelasnya.

Jazz Market by The Sea menjadi istimewa karena memiliki misi untuk menggerakkan dan memperkaya penonton lewat pendidikan. Selama acara, akan disediakan area untuk pelatihan musik, yang dikelola oleh band dan sekolah musik ternama, dengan tujuan menggalakkan kesadaran akan musik dan mencari bakat-bakat baru musik Indonesia.

Beberapa workshop interaktif yang dijadwalkan tidak hanya mengangkat topik budaya, seperti ethnomusicology tapi juga untuk menginspirasi banyak orang lewat testimoni pribadi musisi seputar perjalanan kariernya. *adn