Lagu Khusus dari Mr. Rayen untuk Jokowi

rayen1

Mr. Rayen

MR. Rayen, solois yang sebelum ini dikenal sebagai penembang lagu pop berbahasa Bali, mengeluarkan satu karya baru. Yang berbeda dan membuat single terbaru Mr. Rayen ini menjadi istimewa, bukan hanya soal pilihan lirik berbahasa Indonesia. Dari judulnya saja, ”Jokowi Lagi”, sudah jelas lagu ini tak jauh dari daya tarik seorang sosok pemimpin negara, Joko Widodo.

“Lagu ini saya buat sebagai ungkapan kekaguman, juga rasa bangga akan kinerja, prestasi dan karakter negarawan yang ada pasa sosok Bapak Jokowi. Ini murni sebagai ungkapan perasaan saya, jadi tak ada niat atau keinginan untuk membuat lagu bernuansa politis, bukan karena ada permintaan atau pesanan dari pihak manapun,” jelas Mr. Rayen saat temu media di Kubu Kopi, Denpasar, Sabtu (10/11) siang.

Dijelaskan, terciptanya lagu “Jokowi Lagi” juga tidak sengaja direncanakan. Idenya muncul secara spontan, setelah mendapat nada, ia pun memasukkan lirik yang dirasa pas. Kalaupun bertabur kata-kata ‘pujian’ untuk sosok Jokowi, Mr. Rayen menekankan lagu ini sesungguhnya tidak semata-mata Jokowi. Justru inti pesannya adalah tentang persatuan dan menjaga kerukunan.

“Saya melihat kondisi Indonesia sekarang rawan perpecahan, di mana-mana banyak muncul hoaks atau informasi dan berita bohong yang dapat mengancam persatuan kita,” tambahnya.

Namun demikian, Mr. Rayen tak membantah kalau ada keinginan karyanya ini bisa sampai atau didengar oleh Presiden Jokowi. Bahkan kalau pun kemudian lagunya ini diambil atau dipakai untuk keperluan kampanye, ia mempersilakan saja.

“Lirik dan musik lagu ini sederhana saja, perpaduan unsur modern seperti rap dan reggae dengan unsur tradisional seperti musik etnik. Aransemen musik digarap Abel Dipayana, rekan dari Jembrana yang sejak awal mendukung karier saya di musik,” demikian Mr. Rayen.

Untuk mendukung publikasi lagu “Jokowi Lagi”, satu video klip sudah dirampungkan pula. Sesuai niat untuk menonjolkan pesan bagaimana menjaga kerukunan dan kebersamaan, menegakkan NKRI dan menjaga Pancasila, maka gambar-gambar yang ditampilkan sengaja diarahkan ke sana. Selain suting khusus di beberapa tempat, sejumlah footage dari berbagai sumber yang menggambarkan kebhinekaan, aktivitas Presiden Jokowi juga dimasukkan.

Mr. Rayen yang punya nama asli Komang Rayendra Umbara sesungguhnya bukanlah sosok baru di jalur musik. Sejak pertengahan 2000-an ia sudah mulai bermusik. Tahun 2006 ia bergabung di grup band rock Batara, kemudian sempat membentuk band pop “Blueberry”. Hingga lama vakum dari aktivitas bermusik, 2017 Komang kembali melanjutkan bermusik dengan memunculkan nama Mr. Rayen. Namun kali ini ia mencoba merambah blantika musik pop Bali. Satu album berjudul “Demi I Luh” diluncurkan awal 2018 lalu sebagai awal solo kariernya. (231)

rayen2