Andrew Barret dan Imajinasi “Midnightman”

AB1

Andrew Barrett

PERKEMBANGAN musik di Bali bisa dibilang sangat beragam. Begitu pula berbicara mengenai bakat-bakat baru di bidang tarik suara. Salah satu nama yang pantas diperhitungkan, layak dijuluki the rising star, namanya Andrew Barret. Dengan satu single berjudul “Midnightman”, ia siap menyapa penikmat musik tak hanya di Bali namun juga seluruh penjuru tanah air.

Lagu dengan lirik berbahasa Inggris yang dikemas easy listening bernuansa hip hop ini, baru saja diperkenalkan kepada publik pekan ini. Bukan hanya hasil rekaman yang apik dan video klip dengan kesan berbeda, “Midnightman” jadi menarik karena diciptakan sendiri oleh Andrew. Padahal ABG berwajah ganteng blasteran Bali-Amerika ini masih duduk di kelas I SMP dan belum lagi genap 13 tahun.

Kepada wartawan di Happy Puppy Karaoke, Denpasar, Sabtu (3/11), Andrew menjelaskan terciptanya “Midnightman” berawal dari iseng saja. Satu saat ia bersama teman-temannya di SMP Gandhi Memorial International School tengah menggarap satu tugas musik. Setelah musiknya jadi, muncul “tantangan” bagaimana jika dijadikan satu lagu utuh. Secara spontan kemudian Andrew yang punya nama lengkap Andrew Surya Permana Barrett menuliskan lirik berdasarkan imajinasinya.

Lewat single perdananya ini ia ingin mencoba sesuatu yang baru. Dengan mengutamakan kejujuran dalam berekspresi, ia berharap karyanya ini dapat dinikmati dan menyentuh hati para pendengarnya. “Kenapa liriknya berbahasa Inggris, karena saya merasa nyaman dan dapat feel-nya kalau lagu ini dibawakan dalam bahasa Inggris. Bukan berarti saya tidak mau lagu berbahasa Indonesia,  kalau saya nyanyikan satu lagu tapi tidak dapat feel-nya kan susah juga,” kilahnya.

Menurut Andrew, “Midnightman” menceritakan tentang seorang pria yang hampir putus asa dengan kehidupannya. Pada akhirnya laki-laki tersebut bangkit dan ingin memperbaiki langkah untuk kehidupan mendatang.  Jika tema ini diangkat, Andrew berusaha mencari tema lagu yang positif, memotivasi kehidupan dan mengajak anak muda di era jaman now bangkit dan mulai menata langkah demi masa depan. Meskipun berbahasa Inggris, namun dengan kalimat yang lugas dan mudah dimengerti, lagu bertempo medium beat ini dikemas sedemikian rupa dengan aransemen musik easy listening.

Andrew yang dilahirkan di Denpasar 20 November 2005 sudah mengawali kariernya di dunia tarik suara dengan mengikuti ajang pencarian bakat The Voice Kids session 2, tahun 2017 lalu. Meskipun langkahnya terhenti di babak 8 besar, tak urung kemampuannya dalam menyanyi mengundang pujian tak hanya dari coach Tulus, namun juga dari Beby Romeo dan Agnez Mo.

Kini anak pertama dari Made Sriwadi Barrett ini siap memulai langkahnya sebagai penyanyi pendatang baru dengan memperkenalkan lagu ciptaannya sendiri, “Midnightman”. (231)

AB2

Andrew Barrett