Penyanyi Bali dan Ibukota Konser Amal untuk Palu

konserGALUH Bilen bikin ramai lagi. Menggandeng sejumlah musisi dan penyanyi Bali, juga beberapa nama artis nasional, ia menggelar konser amal bertajuk “Tali Kasih Bali untuk Palu”. Acara yang digelar di gedung pertemuan Bhumiku, Denpasar, Kamis (25/1) malam ini juga menjadi momen istimewa, karena bertepatan dengan ulang tahun penembang “Kunang-kunang” ini.

“Biasanya teman-teman nanya, ulang tahun dirayakan di mana? Saya rasa ulang tahun tak harus dirayakan dengan pesta di hotel misalnya. Kalau bisa berbuat sesuatu untuk sesama, dengan konser amal, kenapa tidak?” jelas Galuh BIlen kepada wartawan di Denpasar, Rabu (24/10) siang. Walau demikian ia mengatakan, tak ada seremonial atau pemberitahuan tentang peringatan ulang tahun, karena niatnya memang lebih ke pengumpulan dana amal.

Selain itu penyanyi yang belum lama merilis album “Move On” ini membantah jika gagasannya mengadakan konser amal untuk korban bencana hanya salah satu gerakan untuk sosialisasi atau memperkenalkan pencalonan dirinya sebagai anggota dewan dari salah satu partai politik.

“Sama sekali tak ada kaitannya dengan masalah itu. Jauh sebelum ini, sebelum saya memutuskan ikut nyaleg,  saya sudah beberapa kali terlibat acara amal. Misalnya saja setahun lalu waktu terjadi erupsi Gunung Agung, saya sudah bergerak untuk bikin acara amal, termasuk bersama Pramusti Bali,” kilah Galuh Bilen.

Satu hal yang membuat Galuh Bilen bersemangat, keterlibatan banyak pihak di konser amal ini karena semuanya tulus ingin berbuat untuk sesama. Bahkan awalnya hanya beberapa nama saja yang akan mengisi acara, namun setelah mulai dipublikasikan banyak yang menawarkan diri mau ikut berpartisipasi. Dari jajaran musisi dan penyanyi Bali misalnya tercatat nama antara lain Widi Widiana, Dek Ulik, Nanoe Biroe, Anggis Devaki, Tika Pagraky, Yessy Diana, Rocky n’ Band, Tak terkecuali beberapa nama dari Ibukota seperti Keva Hamzah, Irfan Sbaztian, termasuk Ely Sugigi, yang bersedia datang ke Bali mendukung acara dengan biaya sendiri, tanpa bayaran juga.

“Awalnya ada yang nanya, kenapa tidak mengajak artis top atau kondang untuk isi acara. Ya … mereka kan pada sibuk, nah kami yang tidak ngetop ini berkesempatan tampil, ya kami tampil. Setidaknya ada yang mengenali kami,” jawab Ely Sugigi merendah.

Untuk konser amal kali ini, Galuh Bilen mengatakan tidak memasang target berapa banyak dana yang akan dikumpulkan. Meskipun sebelum konser sudah banyak yang turut berpartisipasi menyertakan sejumlah dana, tak tertutup juga akan ada lagi yang menyusul menyampaikan sumbangan saat acara. “Nanti setelah kondisi memungkinkan kami akan serahkan sumbangan secara langsung ke Palu. Kalau sekarang di sana kondisinya masih belum rapi dan kondusif, kami tak ingin nantinya malah jadi beban di sana,” demikian Galuh Bilen.

Sehari sebelumnya, Rabu (24/10) sore sejumlah pendukung acara menggelar acara “ngamen” di pantai Kuta sembari menginformasikan acara konser dan mengedarkan kotak amal. (231)