“Nyesel”, Yudi Kresna Pilih Tema Lagu Berbeda

YK

Yudi Kresna

SETELAH terakhir merilis rekaman empat tahun silam, penyanyi pop Bali, Yudi Kresna akhirnya muncul lagi dengan karya baru. Sebuah lagu berjudul “Nyesel” karya cipta D’Go Vaspa dibawakannya dengan penuh penjiwaan. Alhasil, lagu yang baru dirilis beberapa hari ini sudah mendapatkan respon positif dari penggemar lagu pop Bali.

Perkenalan Yudi dengan D’Go sebenarnya sudah berlangsung lama, saat Yudi masih aktif rekaman di Januadi Record. Bahkan ketika lama tak bersentuhan dengan dapur rekaman, Yudi makin intens berteman dengan D’Go yang menyemangatinya untuk terus berkarya. Bahkan D’Go menyodorkan sejumlah lagu yang dirasa pas untuk dibawakan Yudi.

“Saya pilih lagu Nyesel karena temanya yang beda. Lagu lain yang diberikan D’Go juga bagus, tapi temanya masih seputar cinta. Saya pikir selama ini lagu-lagu yang saya nyanyikan sudah banyak bertema cinta, sekali ini saya coba ambil yang lain,” cerita Yudi kepada mybalimusic.com.

Lagu “Nyesel” menceritakan bagaimana kerinduan, rasa sayang dan terselip sedikit penyesalan dari seorang anak di perantauan, yang merasa belum bisa membahagiakan orangtua, dalam hal ini sang ibu. Bagi Yudi, tema lagu ini sangat mengena dan sesuai dengan kondisinya. Selepas SMA, Yudi yang berasal dari Sangkaragung, Negara, sudah merantau ke Denpasar. Sembari kuliah, juga menekuni karier sebagai penyanyi lagu Bali.

“Jadi saya rasa lagu Nyesel pas sekali saya bawakan. Bahkan saat rekaman, tanpa terasa mata saya berkaca-kaca menjiwai isi lagu,” terang Yudi. Karena itu pula lewat lagu Nyesel ia ingin berpesan, selagi masih bisa saat ini, bahagiakanlah orangtua sebelum ada kata terlambat. Jangan smpai ada kata nyesel di kemudian hari.

Untuk lagu “Nyesel”, Yudi bekerjasama dengan penata rekaman sekaligus arranger Sila, sedangkan video klip digarap Mantra Satya. Dengan lagu “Nyesel”, Yudi berharap bisa memulai lagi untuk turut meramaikan blantika musik pop Bali ke depannya. Walau sudah lama tidak merilis rekaman baru, sesungguhnya Yudi juga masih aktif mengisi panggung pertunjukan musik di berbagai kesempatan.

“Saya masih aktif kok nyanyi di panggung-panggung. Cuma saya pikir masak lagunya yang dibawakan itu-itu saja. Karena itulah saya terpikir kenapa tidak bikin rekaman saja, agar ada materi baru nanti yang dinyanyikan kalau ada kesempatan manggung,” kilahnya.

Penyanyi bernama lengkap I Made Yudiantara ini mulai dikenal penggemar lagu Bali sejak pertama kali muncul 2006 di labum “Nampang Semengan” bersama Putri Bulan. Sebagai penyanyi potensial saat itu, Yudi termasuk disayang produser Januadi Record, yang dalam waktu singkat membuatkannya album solo berjudul “Mancing”. Sejumlah lagunya yang sempat menjadi hits kemudian seperti “Rikala Adi Matilar”, “Ngeling”, “Kena Tanggung Jawab”, “Tanpa Aji”. Yudi juga sempat duet bersama Dek Ulik untuk lagu “Curhat” dan bersama Putri Carangsari di lagu “Pekidih”. (231)