“Ketut Dalam Proses”, Kasih Ayah kepada Buah Hati

Go3

Video klip lagu “Ketut dalam Proses”

MUSISI sekaligus penyanyi lagu pop Bali, D’Go Vaspa memperkenalkan satu karya lagi. Berbeda dengan single “Tresna Kanti Mati” yang dirilis lalu, kali ini ia tidak membawakan lagu cinta sepasang kekasih, tapi cinta yang lebih luas lagi, cinta seorang ayah kepada keluarga dan buah hati, anak-anaknya. Judulnya menarik dan mengundang penasaran, “Ketut Dalam Proses”.

Single sekaligus  video klip terbaru D’Go ini mulai dirilis secara resmi Selasa (14/8) malam dalam satu acara khusus di Vaspa Cafe, Denpasar. Sebelumnya, potongan video klipnya sempat dipromosikan di media sosial dan mendapatkan respons beragam. Banyak yang memuji dan mengaku tersentuh dengan lagu ini.

Kepada wartawan sesaat sebelum tampil di acara peluncuran, D’Go menjelaskan “Ketut dalam Proses” memang beranjak dari pengalaman pribadinya. Ide menggarap lagu ini muncul saat putri sulungnya mengajukan satu pertanyaan polos yang menggugah nalurinya sebagai seorang ayah, sebagai kepala keluarga. “Lagu ini menceritakan ungkapan sayang seorang ayah kepada anak-anaknya, Putu, Kadek, dan Komang, dan si Ketut yang masih di dalam kandungan. Untuk proses rekaman, mengisi musik sampai penggarapan video klip, saya banyak dibantu teman-teman dari PAf Band,” jelas D’Go.

Selain mengungkapkan kasih sayang kepada keluarga, melalui “Ketut dalam Proses”, D’Go juga mengatakan ingin turut ‘melestarikan’ salah satu tradisi, keluarga berencana ala Bali. Dahulu satu keluarga punya paling tidak empat anak, Putu, Kadek, Komang, Ketut. “Sekarang jarang sampai Ketut, bahkan Komang juga makin sedikit. Apalagi Wayan, Made, Nyoman. Kalau saya pribadi punya tiga anak, tapi biar lengkap makanya di lagu ditambahkan Ketut yang masih dalam proses, biar lengkap,” jelas D’Go sembari tertawa.

Diakui, lagu “Ketut Dalam Proses” memang menampilkan satu sisi melankolis seorang D’Go. Bahkan saat proses rekaman dan penggarapan video klip di kampung halamannya di Kintamani, D’Go sendiri mengaku terharu. Di dalam video klip, ia melibatkan tiga anak kecil sebagai modelnya, satu adalah putri kandungnya, dan dua lagi keponakannya. Saat rekaman awal belum ada rencana memasukkan petikan sebaris lirik yang dinyanyikan anak-anak. Barulah dalam prosesnya, dirasa lebih mantap dan lebih menggugah dengan adanya lirik “Putu sayang ajak Bapak, Kadek sayang ajak Bapak, Komang sayang Ajak Bapak” yang ditimpali oleh sang ayah “Bapak sayang ajak makejang”.

Selain digemari penikmat lagu pop Bali, rilis “Ketut Dalam Proses” juga diharapkan dapat menginspirasi, sekaligus perenungan akan kuatnya hubungan, kasih sayang antara ayah dengan keluarga dan anak-anaknya. Selain itu juga menggugah mereka yang mungkin sudah lama tidak dapat merasakan kasih sayang dari sang ayah. Meskipun lagu ini terkesan sebagai lagu keluarga, dan ada kesan oldiest, namun D’Go tak memungkiri banyak juga remaja dan anak muda yang menyukai lagu ini sebelum dirilis secara resmi. Karenanya “Ketut dalam Proses” menjadi lagu untuk semua umur. (231)

Go1

D’Go Vaspa memainkan langsung lagu “Ketut dalam Proses” di hadapan wartawan

Go2

Video klip lagu “Ketut dalam Proses”