Gara-gara “Saling Gisi”, Naik Daun Lagi

sidan1

Ocha Putri dan Raka Sidan

ANAK Agung Raka Sidan tengah naik daun lagi. Berkat lagu “Saling Gisi” yang dinyanyikan duet bersama Ocha Putri, popularitasnya kenceng lagi. Dalam kurun waktu 1,5 bulan saja sejak dirilis di Youtube, video klip lagu ini sudah ditonton lebih dari 1,2 juta viewer. Wajar kalau kemudian penyanyi sekaligus pencipta lagu yang biasa disebut Raka Sidan ini merasa lega dan bisa tersenyum puas.

“Terus terang kami sangat terkejut dan tidak menduga kalau dalam waktu singkat sudah banyak yang melihat videp klip kami di Youtube. Sebelumnya kami sendiri tak begitu yakin karena ini adalah lagu lama yang saya ciptakan tahun 2000. Lagu ini tiang rilis ulang dalam versi duet bersama Gek Ocha Putri. Kalau ternyata lagu Saling Gisi bisa diterima dan digemari lagi, tentunya kami senang sekali walau masih kaget juga dengan pencapaian di Youtube ini,” papar Raka Sidan kepada mybalimusic.com di Denpasar, Senin (13/8).

Sesungguhnya lagu “Saling Gisi” tidak jauh berbeda dengan karya-karya Raka Sidan sebelumnya, yang mengangkat tema keseharian, diwarnai unsur humor, pun lirik lagu dengan pilihan kata yang teratur. Hal ini pun diakui Raka Sidan yang mengatakan daya tarik dari lagu “Saling Gisi” di samping lirik lagunya yang kocak dan seperti bersajak, makna kalimatnya mudah dicerna, begitu pula nadanya yang sederhana, mudah diingat dan dinyanyikan kembali.

“Mungkin juga karena saya duet dengat Gek Ocha Putri. Mungkin banyak yang ingin tahu tentang dia dan bagaimana kalau kami nyanyi duet,” tambah pria bernama lengkap AA Gde Raka Partana ini.

Meskipun sebelum ini Raka Sidan sudah pernah duet dengan penyanyi lain seperti Ayu Saraswati, namun duetnya kali ini menjadi terasa beda karena baru kali ini ia berani memutuskan duet dengan seorang pendatang baru dari Negara, Jembrana. Sebelumnya Ocha Putri sudah pernah menyanyikan lagu ciptaan Raka Sidan yang berjudul “Tetep Cinta Beli”. Ditambah kemudian bumbu kabar begini begitu, mungkin ini turut mendorong publik ingin menonton video klip “Saling Gisi”.

Pertemuan Raka Sidan dengan dara yang punya nama lengkap Dewa Ayu Putu Okha Noviantika Putri ini berawal dari satu acara ulang tahun. Di sana mereka sempat duet menyanyi untuk memeriahkan acara. Tertarik dengan suara bagus Ocha, juga karena gaya bernyanyi dan etika manggung yang terjaga, pria kelahiran 27 Juni 1979 ini lalu mencoba mengajak untuk mengisi permintaan manggung. Berlanjut kemudian dengan keinginan mengorbitkan Ocha Putri dengan satu lagu berjudul “Tetep Cinta Beli”. Ternyata lagu ini mudah diterima dan cukup viral di media sosial. Dari sanalah muncul ide untuk mencoba untuk rekaman duet.

Selepas sukses “Saling Gisi”, Raka Sidan punya rencana untuk segera rekaman duet lagi dengan Ocha Putri. Terutama dengan merilis kembali beberapa lagu terdahulu, yang dikemas dan dinyanyikan dengan gaya musik kekinian. “Ke depan kami akan terus berkarya, mencoba terobosan-terobosan baru dengan harapan bisa tetap eksis di blantika musik Bali. Selain itu menjadi media hiburan, astungkara juga bisa menghidupi kami,” demikian Raka Sidan.

AA Raka Sidan awalnya dikenal sebagai pencipta lagu, terutama setelah karyanya “Somahe Bebotoh” yang dibawakan Dek Ulik booming. Hingga kemudian ia pun digaet Aneka Record untuk membawakan sendiri ciptaannya. Muncullah album “Suud Memotoh” (2005), “Pada-pada Ngalih Makan” (2007), “Pak Boss (2009), “Song Brerong” (2012), “Kenceng” (2015) dan “Beli Musisi” (2017). Hingga saat ini ia juga masih aktif menciptakan lagu untuk beberapa penyanyi lainnya. (231)

Sidan2

Raka Sidan dan Ocha Putri

Sidan3