Dari Bali Timur, Navanias “Ajam Dogen”

NV3

Navanias Band

MUSISI dari Bali Timur unjuk kebolehan lagi. Satu grup band yang menamakan diri Navanias (NVNS), baru saja memperkenalkan diri ke publik dengan merilis satu single sekaligus video klip berjudul “Ajam Dogen”. Didukung tiga personel dari Karangasem dan satu personel dari Klungkung, sebetulnya grup ini sudah mulai dirancang sejak dua tahun silam. Namun rencana merilis karya tahun lalu turut tertunda seiring bencana alam erupsi Gunung Agung.

“Lagu Ajam Dogen sebetulnya sudah jadi setahun lalu, namun rilisnya kami tunda karena saat bersamaan Gunung Agung sempat erupsi,” jelas Mang Arik, drummer Navanias, di sela-sela peluncuran Ajam Dogen di Stel Peleng, Denpasar, Sabtu (4/8).

Dijelaskan, meskipun baru muncul dengan nama Navanias, sesungguhnya masing-masing personel grup ini sudah berpengalaman, pernah bermusik dengan band masing-masing sebelumnya. Ketika grup masing-masing mengalami kevakuman, empat pemuda yang sudah kenal dan berkawan cukup lama ini sepakat untuk membuat satu project baru. Jadilah Navanias, yang digawangi Gibor (vokal), Dekas (gitar), Chipuk (bass) dan Mang Arix (drum).

Rilis “Ajam Dogen”, menurut Mang Arik adalah awal sebagai perkenalan, karena untuk selanjutnya mereka pun tengah menyiapkan lagu-lagu lain yang satu saat diharapkan bisa dirilis ke dalam satu album. “Jadi Navanias dibentuk dan merilis single bukan sekadar iseng atau hanya sekali jadi saja, kami berharap band ini bisa berlanjut dan terus berkarya di kancah musik pop Bali,” tambah musisi asal Semarapura, Klungkung ini.

Di sisi lain Gibor sebagai pencipta lagu “Ajam Dogen” menjelaskan, Navanias mencoba bermain di jalur musik pop rock. Lagu yang diciptakan tak jauh dari keseharian, yang idenya muncul dari pengalaman atau cerita teman-teman. Bagaimana dengan nama Navanias? “Nama ini bukan singkatan, melainkan bentukan dari kata dasar ‘nafas’. Maknanya, kami ingin kehadiran band ini bisa menyalurkan nafas keindahan melalui lagu-lagu,” ujar tamatan Poltekkes yang bekerja di Puskesmas ini.

Dalam bermusik, Navanias band mengaku banyak terinspirasi dari band-band kenamaan baik dari dalam maupun luar negeri seperti Sheila on 7, Navicula, Lolot, Gigi , hingga Avanged Sevenfold. Namun demikian mereka juga berusaha menghasilkan karya terbaik yang diharapkan nantinya bisa menjadi ciri sendiri sekaligus kian mengangkat nama Navanias. (231)

NV1

Navanias meluncurkan lagu sekaligus video klip “Ajam Dogen”, Sabtu (4/8)