UVJF 2018, Lebih “Wah” dan Berwarna

UV1

Anom Darsana (paling kiri) dan Yuri Mahatma (paling kanan), penggagas UVJF bersama dua dari puluhan pengisi acara, Jeko Fauzy dan Gustu Brahmanta

UBUD Village Jazz Festival (UVJF) digelar lagi. Ajang tahunan ini masih bertempat di ARMA, Ubud, dan akan berlangsung 10-11 Agustus mendatang, Memasuki penyelenggaraan ke-6 tahun ini, UVJF yang mengusung tema “Freedom of Expression” atau kebebasan berekspresi, dijanjikan akan lebih “wah” dan berwarna.

Seperti gelaran yang sudah-sudah, puluhan musisi jazz kenamaan baik dari dalam maupun luar negeri akan tampil dari sore hingga tengah malam. Selain nama-nama besar dan melegenda seperti Idang rasjidi Syndicate, musisi jazz legendaris dari Indonesia, yang telah menginspirasi ratusan musisi jazz Indonesia dari generasi dibawahnya. Juga akan tampil musisi jazz dari Amerika yang disegani di panggung jazz dunia, Benny Green Trio.

“Adalah sesuatu yang amat ditunggu oleh para pecinta jazz, melihat mereka tampil dalam satu perhelatan yang sama, mengingat mereka adalah musisi-musisi jazz papan atas” kata Yuri mahatma, co-founder UVJF, saat temu wartawan di Sanur, Kamis (2/8)

Di lain sisi, Anom Darsana juga sebagai pencetus UVJF menyatakan, menjadi suatu perpaduan yang amat menarik dimana nama-nama besar akan berbaur dengan jazzer-jazzer lainnya yang tidak kalah unik. “Jazz amat beragam, tujuan kami adalah menyebarkan cinta yang terpancar dari musik ini dalam segala bentuk ekspresinya” ujarnya.

Selama dua hari acara, akan ada kurang lebih 20 pertunjukan berbeda.  Dari tanah air akan tampil Pianist latin jazz Nita Aartsen yang baru saja kembali dari tur Eropanya, yang akan berkolaborasi dengan drummer handal dari Belanda, Olaf Keus dan Dian Pratiwi (vocal), Ito Kurdhi, basis handal dari Bali, serta Ade Irawan, pianist tuna netra genius yang telah diakui oleh khalayak jazz dunia, yang akan tampil berkolaborasi dengan musisi-musisi jazz dari berbagai belahan dunia.

Dari manca negara akan tampil untuk pertama kalinya di Bali sebuah group fusion jazz dari Korea Selatan yang beranggotakan 4  wanita, A-FUZZ. Dari Australia tercatat Emilia Schnall, (vokalis, pianis dan composer),  Gerard Kleijn (peniup trumpet dari Belanda), Judith Nijland (vokalis jazz kenamaan Belanda) yang berkolaborasi dengan Astrid Sulaiman Trio. Ia  akan tampil membawakan beberapa aransemen dari album larisnya ”Jazz tribute to ABBA”. Selain itu akan tampil pula Insula, sebuah group world-jazz-fusion yang unik yang didatangkan khusus oleh lembaga kebudayaan perancis (Institut Francais), Triple Ace-Colours in jazz yang siap terbang ke Bali dari Vienna, Austria. Juga ada Sebastian Gramms, pemain kontra bass legendaris di Jerman.

Tahun in juga menjadi sangat spesial bagi UVJF karena akan hadir musisi jazz kenamaan dari USA yaitu Benny Green Trio, seorang pianist jazz yang amat”disegani”. Benny adalah satu dari sedikit musisi jazz sarat pengalaman dan yang masih mengalami langsung belajar,  berinteraksi dan berkolaborasi dengan raksasa-raksasa jazz dunia seperti Oscar Peterson, Vocalist jazz Betty Carter,  drummer legendaris Art Blakey, dan mahaguru dari seluruh pemain bass era modern Ray Brown.

UVJF yang lahir dari inisiatif para musisi jazz dan pemerhati musik serta insan kreatif yang berbasis di Bali selalu memberi ruang dan turut mempromosikan musisi-musisi muda Indonesia untuk berekspresi dalam ajang internasional ini. Hingga saat ini, UVJF telah mendapatkan reputasi yang membanggakan  dalam lingkup Lokal maupun global baik dari para seniman jazz, penikmat,  pecandu jazz serta dari pihak-pihak pendukung acara sebagai salah satu festival jazz terbaik. Didukung oleh komunitas dan segenap sukarelawan, tahun ini penyelenggara juga mendapat kepercayaan dan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Kementrian Koperasi dan UMKM, dan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, serta sejumlah beberapa kedutaan besar negara-negara sahabat seperti Austria, Belanda, Institut Francais d’Indonesie, Goethe Institute, juga dari Keluarga Kerajaan Ubud (Ubud Royal Family). (*)

UV2

Benny Green Trio akan tampil di UVJF 2018