Gayatri, Satu Lagi Bintang Kecil Bersinar

Gayatri1

Gayatri Pradnyaswari

BLANTIKA musik pop Bali belakangan ini sepertinya makin meriah karena bertaburan bintang-bintang kecil. Satu di antara bintang kecil yang tengah bersinar itu, adalah Gayatri Pradnyaswari. Bocah yang masih tercatat sebagai siswa kelas III SD Cipta Dharma, Denpasar ini baru saja merilis single berjudul “Bunga lan Kekupu”. Selain mulai dipromosikan di radio-radio, video klip lagu ini juga sudah bisa disaksikan di kanal Youtube.

Seperti penyanyi anak-anak yang muncul belakangan, project untuk Gayatri ini juga digarap serius dengan sentuhan tangan banyak professional di bidangnya, mulai dari mengasah kemampuan berolah vokal, penggarapan lagu dan rekaman, hingga pembuatan video klip yang ditangani oleh 3San Pro. Adalah Komang Raka, kawakan pencipta lagu pop Bali sejak akhir 90-an, yang menciptakan “Bunga lan Kekupu” untuk dibawakan oleh Gayatri.

“Begitu bertemu dan mendengarkan suaranya, saya sudah terbayang lagu seperti apa kira-kira yang cocok untuk dibawakan Gayatri. Ia punya warna vokal yang khas, selain wajah manis dan penampilan yang luwes,” ujar Komang Raka.

Ditambahkan, menciptakan lagu untuk anak-anak tidaklah semudah membuatkan lagu untuk penyanyi dewasa. Jika penyanyi dewasa sudah lebih paham bagaimana teknik bernyanyi dan olah vokal yang baik, penyanyi anak-anak lebih mempertimbangkan warna vokal dan kenyamanannya dalam membawakan satu lagu. “Untuk lagu Bunga lan Kekupu memang saya buat akan berbeda dengan lagu pop Bali anak-anak kebanyakan, misalnya ada sentuhan nuansa lagu pop mandarin pada beberapa bagian musiknya,” jelas Komang Raka, yang memang dikenal piawai menggarap lagu sejenis hingga era awal 2000-an.

Gayatri yang punya nama lengkap Ni Wayan Gayatri Pradnyaswari bukan baru kali ini menyanyi dan merilis rekaman. Sebelumnya, akhir 2017  lalu gadis kecil kelahiran 28 Januari 2009 ini sudah merilis single pertama “Gending Gayatri” ciptaan Tison. Menariknya, justru di awal-awal, putri dari pasangan I Wayan S. Suartama dan Ni Made Susanti Dewi ini sempat menolak ketika ditawari untuk menyanyi. Bahkan menurut  sang ayah, lagu “Gending Gayatri” sempat tertahan selama dua tahun. Lagu itu sudah ada saat Gayatri masih duduk di bangku kelas I SD. Namun ternyata ia baru mau menyanyi setelah kelas III.

Adalah Ari Ariama, musisi juga penyanyi pop Bali yang kebetulan sebagai guru di SD Cipta Dharma, yang menemukan bakat Gayatri. “Selain memang hobi dan berprestasi di bidang tari dan fashion, saya lihat anak ini berpotensi dalam olah vokal. Karenanya saya suruh coba menyanyi, dan dia memang bisa. Kebetulan kedua orangtuanya sangat mendukung,” komentar Ari Ariama.

Saat ini selain berusaha memperkenalkan lebih luas lagu “Bunga lan Kekupu”, Gayatri juga tengah bersiap-siap untuk album kompilasi Bali Kumara generasi ke-6 bersama anak-anak dari Sanggar Cressendo, yang direncanakan akan rilis tahun ini juga. (231)

gayatri2

Gayatri Pradnyaswari