Small Axe Perkenalkan Lagu Reggae Bernuansa Spiritual

Axe 1

Gus Ndut “Small Axe” saat tampil di panggung membawakan lagu “Om Nama Siwa”

SMALL AXE, band reggae Bali merilis karya baru lagi. Jika tepat setahun silam band ini melepas lagu berjudul “Be Happy”, kali ini mereka meluncurkan video klip untuk single berjudul “Om Nama Siwa”. Lagu ini sendiri sebetulnya sudah ada cukup lama dan cukup sering dibawakan saat manggung, namun baru sekarang direkam dan dibuatkan videonya.

“Ide awalnya saya dan Tutna, pemain keyboard, sekadar iseng main gitar bolong untuk mengisi waktu setelah manggung di pantai Sindu, Sanur. Tanpa ada nada lagu, baru sekadar bergumam dan menyebut nama Beliau yang nadanya sudah lumrah sekali di masyarakat umum , bagian reff-nya menyebut Om Nama Siwa berulang-ulang kali. Keesokan harinya baru dilanjutkan menulis lagu,” cerita Gus Ndut, vokalis Small Axe.

Entah karena memang bernuansa spiritual, vokalis bernama asli IB Darma Suarsa ini Ndut menceritakan banyak sekali pengalaman menarik saat membawakan lagu iyu di atas panggung. “Pengalaman pribadi dan teman-teman di atas panggung hampir sama , merinding, benar-benar merinding,” kata Gus Ndut.

Pernah juga satu saat Smallaxe memainkan lagu itu tepat hari tumpek landep bersamaan dengan acara di kampus UNHI. Kebetulan pula Gus Ndut menyanyi dengan memakai busana adat ke pura karena baru selesai odalan di Pura waktu itu. Mungkin karena terlalu konsen dan menjiwai, ia pun sedikit merasa berat dan benar benar muncul aura magis pada saat itu.

“Belum lagi teman-teman komunitas mendukung suasana tersebut. Kalau tidak salah ada yang kepangluh. Di tempat lain juga sama seperti itu, pernah juga salah satu penonton glalang-gliling tak sadarkan diri. Karena sekarang kami sedikit berhati-hati dan berusaha mengontrol emosi kalau membawakan lagu itu,” cerita Gus Ndut.

Small Axe mulai terbentuk 11 April 2010 dibentuk sebagai band untuk “ngamen” atau mencari job dengan main secara regular di sejumlah tempat hiburan di seputaran Kuta dan Sanur. Namun dalam perjalanannya, muncul “kegelisahan” kalau mereka hanya membawakan lagu-lagu dari band atau penyanyi lain. Karena itulah, The Small Axe mulai terdorong untuk menggarap lagu sendiri. Dukungan juga dorongan kuat dari sesame musisi dan grup reggae yang lebih dulu ada seperti Joni Agung & Double T. tak urung membesarkan semangat personel The Small Axe untuk berkarya di tengah kesibukan main regular.

Setelah hampir 7 tahun terbentuk, baru awal 2017 mereka merilis video klip untuk single pertama berjudul “Be Happy”, disusul single “Om Nama Siwa” awal tahun ini. The Small Axe Band saat ini didukung personel, IB Darma Suarsa alias Gus Ndut (vokal), I Putu Widyana Samusu (gitar, vokal), Ketut Putra Sentana (keyboard, vokal), I Putu Gede Eka Putra (drum, vokal), dan  additional bassist, Kadek. Selain tampil regular di Apache Reggae Bar, Kuta dan Surfer Bar, Kuta, mereka juga kerap mengisi acara musik di berbagai tempat termasuk Bali Reggae Star Festival dan Sanur Village Festival. (231)

axe2

Salah satu cuplikan video klip “Om Nama Siwa” Small Axe