“Biarlah Berlalu” Tandai Kembalinya Endium

end1

Endium memperkenalkan single terbaru “Biarlah Berlalu”, Sabtu (17/2) lalu

LAGU “Cinta Sempurna” pernah menjadi hits di kancah musik indie Bali di tahun 2007. Banyak penikmat musik yang menggemari lagu ini, hingga Endium, band yang membawakannya juga sempat angkat nama. Bagaimana setelah 10 tahun lebih berlalu, tiba-tiba lagu ini dinyanyikan lagi secara live? Hasilnya penonton yang sebagian besar sudah dewasa masih hafal betul dengan liriknya dan ikut menyanyi.

Itulah yang terjadi saat Endium muncul lagi, manggung kembali setelah lima tahunan vakum. Bukan sekadar bernostalgia dengan para penggemarnya, ketika tampil di Stel Peleng, Sabtu (17/2), band ini  sengaja menyanyikan beberapa lagu dari album mereka “Dark Side of Love” (2005) dan “Mengapa Cinta” (2007) sebagai ‘pemanasan’. Ya,  agenda utamanya, Endium ‘mengumumkan’ kiprah kembali mereka di dunia musik. Tentu dengan membawa karya baru, satu single sekaligus video klip berjudul “Biarlah Berlalu”.

Untuk lagu yang bercerita tentang seseorang yang merasa tersakiti dan dicampakkan ini, Endium kembali bekerjasama dengan videographer Andy Duarsa untuk menggarap video klipnya. Menurut Gusadi, vokalis Endium, materi lagu ini sebetulnya sudah ada cukup lama, namun karena satu dan lain hal baru bisa dirampungkan dan diluncurkan awal tahun ini. Ia pun mengaku awalnya sempat kurang percaya diri untuk manggung bersama grup seperti dulu. Namun antusias undangan seakan mengalahkan semuanya, dengan energi yang masih seperti dulu, pun dengan stamina yang tak berubah, Endium tampil mulus membawakan sejumlah lagu hingga memperkenalkan “Biarlah Berlalu”.

Kali ini Endium memang mengalami sedikit perubahan formasi. Dari personel awal, yang masih bertahan adalah Gusadi (vokal), Dede (gitar), dan Lemon (keyboard). Sedangkan untuk drum dan bass yang sebelumnya diisi Andik dan Erly, mereka mengajak additional player Kiki dan Candra.

Terbentuk di Denpasar tahun 2003, Endium muncul dengan karya pertama “Dark Side of Love” di tahun 2005. Mengusung musik hard pop, mereka memperkenalkan lagu andalan “Satu Wanita”. Di album kedua “Mengapa Cinta” yang dirilis 2007, Endium memainkan musik yang lebih soft dengan warna musik lebih cenderung ke pop rock. Dari album inilah muncul hits “Cinta Sempurna”.  Tahun 2010, Endium mengeluarkan single baru “Permainan Waktu” yang juga mendapat respon positif dari pendengar musik. Terakhir mereka melepas single “Sang Bidadari “di tahun 2012, sebelum kemudian vakum beberapa saat. (231)

end2

band Endium