Galuh Bilen Kejar Kepuasan dengan “Kunang-kunang”

Bilen

Galuh Bilen

BIDUANITA pop Bali yang dikenal dengan suara khas dan penampilan glamour, Galuh Bilen, akhirnya merilis satu lagu baru. Berbarengan dengan rampungnya video klip, momentum peluncuran lagu “Kunang-kunang” digelar di Stel Peleng Cafe, Rabu (7/2) lalu. Istimewa, karena lagu Galuh kali ini adalah ciptaan Tunik “Motifora”.  Selain itu ia juga menggaet videographer Andi Duarsa untuk merampungkan video klip “Kunang-kunang”.

Apa yang dicari Galuh hingga ia merasa perlu menggarap lagu “Kunang-kunang” secara khusus? “Yang saya cari kepuasan. Manusia hidup harus bisa mencari kepuasan. Kalau saya ya kepuasannya karena masih bisa menyanyi,” uar Galuh kepada mybalimusic.com di sela-sela peluncuran  laguya belum lama ini.

Seperti yang sudah-sudah, Galuh tak mau tanggung-tanggung dalam mewujudkan keinginannya rekaman. Dengan menggaet sejumlah nama tenar di blantika musik pop Bali sebagai pencipta lagu juga menangani rekaman, ia pun berharap bisa memberikan hasil maksimal. Lagu “Kunang-kunang” menjadi salam awal, pembuka untuk rencana rilis album penuh sekitar dua atau tiga bulan lagi. “Terakhir saya merilis album kedua, Pelet Bali di tahun 2011. Jadi sudah cukup lama belum mengeluarkan karya baru,” ujarnya.

Tekad Galuh untuk merilis rekaman satu album, menurutnya semata-mata karena kecintaannya dan keinginan turut serta meramaikan blantika musik pop Bali. Ada semacam ambisi untuk selalu bisa mengeluarkan karya baru, terlebih cukup banyak penggemar yang bertanya-tanya kapan ia mengeluarkan rekaman lagi. “Maunya kan langsung rilis album, tapi karena sudah banyak yang nanya-nanya, saya rilis single saja dulu. Kebetulan lagu Kunang-kunang banyak yang suka dan menanyakan,” jelas penyanyi kelahiran Bangli ini.

Sejatinya, album ke-3 Galuh Bilan sudah direncanakan rilis akhir 2016. Namun karena satu dan lain hal, prosesnya masih terus berlanjut hingga baru bisa dirampungkan awal tahun ini. da delapan lagu baru yang akan terangkum di album baru Galuh Bilen nanti. Seperti biasa, Galuh Bilen melibatkan makin banyak nama-nama yang sudah berpengalaman baik untuk menciptakan lagu maupun penggarapan video klip. Untuk lagu misalnya, akan ada karya AA Raka Sidan “Takut-takut Kangen”, Ray Peni “Ampurayang” dan Tunik “Motifora” yang menciptakan lagu “Kunang-kunang”. Selain itu juga ada karya pencetak belasan hits pop Bali, Komang Raka. Sedangkan untuk penggarapan video klip selain melibatkan tim Bali Metro, juga ada nama video maker Andy Duarsa dan Dodik.

Dengan konsep yang beraneka ragam, melibatkan banyak nama-nama tenar di bidangnya, tentu saja membutuhkan biaya yang tak sedikit. Namun sembari tersenyum, Galuh Bilen mengatakan tentu saja semua hal yang kita lakukan itu memerlukan biaya. Namun jika kita dilakukan dengan semangat dan kerja keras, tentunya tidak mustahil untuk diwujudkan. Ia pun hanya tersenyum ketika disinggung ada pula yang tak suka dengan gaya dan penampilan Galuh yang terkesan wah dan glamour.

“Ya di mana-mana yang namanya hater  itu pasti ada. Saya sendiri tak mau terlalu ambil pusing. Bagi saya, hater itu sesungguhnya penggemar tersembunyi. Mereka suka ngintip, stalking account FB saya misalnya, ingin tahu gerak-gerik saya, nah itu kan menunjukkan sesungguhnya mereka suka, cuma mungkin malu atau tak mau mengungkapkan,” kilah Galuh sembari tersenyum.

Galuh Bilen pertama kali muncul di blantika musik pop Bali tahun 2011 dengan merilis album “I love You Bali”. Menjawab tantangan jika ia menyanyi hanya sekadar iseng, setahun berikutnya, ibu tiga anak ini merilis “Pelet Bali” yang digarap dengan lebih serius dan melibatkan banyak penyanyi serta musisi pop Bali. Termasuk kolaborasi dengan penari Nyoman Sura (alm.) yang menjadi model untuk video klip “Pelet Bali”. Sebagai bukti eksistensi dan kecintaannya terhadap lagu pop Bali, tahun ini album ke-3 nya akan dirilis dalam waktu dekat ini. (231)