“Cinta Jarak Jauh” Dulu, Album Kemudian

PAF2

P.A.F. Band

SEAKAN tak mau melewatkan momen awal tahun, grup band pengusung lagu berbahasa Bali, Putra and Friends (P.A.F.) merilis satu single baru sekaligus video klip berjudul “Cinta Jarak Jauh”. Lagu yang mulai diperkenalkan ke publik sejak seminggu terakhir ini kabarnya juga akan menjadi bagian dari rencana P.A.F. untuk mengeluarkan beberapa single sebelum menuju album ke-2 nanti.

“Kami memang ada rencana merilis album, tapi kemungkinan kami akan rilis beberapa single dahulu sebelum kita rampungkan ke album nanti. Kebetulan juga materi kami sudah banyak walaupun temanya masih tetap di zona cinta,” jelas Putra, pentolan P.A.F. kepada mybalimusic.com.

Sesuai judulnya, lagu “Cinta Jarak Jauh” menceritakan seorang pria yang sudah lama tidak bertemu dengan kekasihnya dan menahan rasa rindu mendalam. Namun hal itu tidak membuat si pria ini menyerah, melainkan ia tetap setia menanti sang kekasih datang kembali. Pesan yang ini disampaikan dari lagu ini, meskipun cinta jarak jauh itu susah untuk dijalani, tapi bilamana di antara sebuah hubungan jarak jauh ini bisa saling menjaga hati dengan cara selalu percaya dan tetap sayang, setia dan yang paling penting adalah komunikasi atau berkabar. Maka cinta jarak jauh itu bukanlah menjadi halangan bagi semua pasangan.

Untuk lagu baru ini, Putra mengatakan tak ingin menampilkan sesuatu yang terlalu jauh berbeda dari kara mereka sebelumnya. Justru ia dan kawan-kawand di P.A.F. Band sengaja mempertahankan ciri khas dalam segi musiknya. “Memang untuk single selanjutnya kita telah merencanakan konsep yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Jadi single tresna jarak jauh ini kami anggap sebagai pemanasan untuk karya selanjutnya, khususnya lagu yang akan terangkum di album ke-2 nanti, astungkara lebih bervariatif,” papar Putra.

P.A.F. yang resmi dibentuk 15 Januari 2016, didukung Putra (vokal), Rusde (gitar melodi), Seni (gitar ritem), Arya (bass), dan Eka (drum). Debut mereka di rekaman lagu pop Bali ditandai dengan rilis album “Boya Tunangan Romantis” pertengahan 2017.  Personel P.A.F. rata-rata sudah mulai mengenal dan belajar bermusik sejak masih belia, walau secara otodidak. Dalam prosesnya, mereka yang menjalin pertemanan sudah sejak lama ini menjadi makin solid karena musik. Selain lagu “Boya Tunangan Romantis”, P.A.F. juga dikenal dengan lagu “Bangken Dongkang”, “Memori Dagang Lalapan”, “Negative Thinking”, “PHP”, “Tersiksa”, “Timpal Dadi Treasna”, dan “Tresna Selamanya”. (231)

PAF1

Video klip “Cinta Jarak Jauh” P.A.F. band