Festival Band Meriahkan Denpasar Book Fair 2013

10 Grup Terpilih Menuju Final

Penyisihan festival band serangkaian Denpasar Book Fair, Jumat (26/7)

Penyisihan festival band serangkaian Denpasar Book Fair, Jumat (26/7)

FESTIVAL band serangkaian acara Denpasar Book Fair (DBF) 2013 sudah menuntaskan tahap penyisihan, Jumat (26/7). Sebanyak 10 band ditentukan melaju ke tahap final yang akan berlangsung Minggu (27/7) di main stage DBF, di ujung utara kawasan pedestrian Jl. Kamboja, Denpasar.

Menurut Laksmi, panitia dari pihak Disperindag Kota Denpasar, lima kali penyelenggaraan DBF sebelumnya hanya digelar parade band. Untuk lebih menambah daya tarik acara, sekaligus menyaring grup musik yang lebih berkualitas, mulai tahun ini dimasukkan pula kompetisi dengan konsep festival band.

Penyisihan festival band serangkaian Denpasar Book Fair, Jumat (26/7)

Penyisihan festival band serangkaian Denpasar Book Fair, Jumat (26/7)

Sejak diumumkan sekurangnya 40 grup band terdaftar, namun saat technical meeting hanya 30 grup yang memastikan akan ikut. Namun saat hari H, jumlah tersebut berkurang lagi hanya 20 grup yang melakukan registrasi ulang. “Kami juga kurang paham kenapa bisa demikian, padahal mereka sudah melengkapi registrasi, juga sudah melunasi biaya pendaftaran,” tambah Arso dari pihak EO yang mengelola acara.

Ditengarai tantangan lagu wajib dan pilihan yang sudah ditentukan panitia, juga melihat keikutsertaan beberapa grup yang memang sudah langganan ikut festival membuat beberapa grup “keder” duluan. Kondisi ini tak urung mendapat tanggapan dari dewan juri, Robi “Navicula”, Jun “Bintang” dan Adnyana.

“Untuk lagu pilihan misalnya, peserta kan hanya disodori pilihan grup musik, tidak ditentukan judul lagunya. Waktu seminggu cukup kok untuk mempelajari satu lagu. Kalau dianggap berat, kenapa tidak pilih satu lagu yang paling mudah, lalu aransemennya kan bisa dimainkan. Tidak perlu membawakan lagu sama persis seperti aslinya, buatlah sesuai gaya kalian. Makin hancur kalian buat lagu aslinya, itu makin bagus,” komentar Jun di depan peserta.

Grup band yang dinyatakan lolos untuk tampil di final Festival Band serangkaian Denpasar Book Fair 2013 adalah The Finger, Geovardan, No Comment, Ninety One, After Midnight, Yujuna, The Crow Band, Morning Glory, Esskind, The Hidden. Mereka akan memperebutkan posisi juara I, II, dan III dengan hadiah uang tunai, trophy dan piagam. *adn