Semangat Yogi Swara untuk Lagu Bali

Yogi1

Yogi Swara

BAKAT seni dari Nusa Penida khususnya di bidang tarik suara terus bermunculan. Dalam beberapa waktu terakhir, ada saja nama baru dari daerah ini yang muncul ke publik. Salah satunya Yogi Swara, yang baru saja muncul di album “Utang Semaya” produksi Diandana Pro. Dua lagu ciptaan Dek Artha dibawakannya dengan baik, “Cenik Kenceng” dan “Penganten Muda”.

“Saya memilih lagu Bali tentunya karena saya memang suka. Selain itu, saya juga ingin turut serta melestarikan budaya daerah melalui tembang berbahasa Bali. Untuk itu saya tak bosan untuk belajar dan terus belajar dari senior-senior saya,” tutur Yogi Swara kepada mybalimusic.com.

Apa yang diucapkan pria asal Ponjok Batu, Kutampi ini bukan asal bicara. Dengan niat kuat untuk menyalurkan hobi, belajar dan mewujudkan mimpi menjadi seorang penyanyi, ia tak segan bolak-balik “pergi ke daratan”. Dua sosok yang berperan besar memulasnya bagaimana menyanyi dan menghibur, Dayu Sriwedari dan Guna Swara. “Karena saya tinggal di Nusa Penida, terbatas jarak yakni lautan, tak menyurutkan niat saya menemui mereka berdua, dengan satu prinsip, jika orang lain bisa, kenapa saya tidak?”

Proses yang cukup lama bagi pria bernama I Wayan Yogi Sudarma ini untuk bisa mewujudkan mimpinya. Dorongan semangat dari rekan-rekan penyanyi Bali seperti Canda Ditya, De Diandana, juga sentuhan Dek Artha dari Harta Pro makin membesarkan semangat Yogi Swara. “Sekarang setelah bisa rekaman dan memiliki lagu sendiri, tentunya sata berharap apa yang saya persembahkan bisa diterima di hati masyarakat Bali. Tentunya juga saya terbuka untuk saran dan kritikan yang bersifat membangun supaya ke depannya saya bisa terus berkarya untuk meramaikan blantika musik pop Bali,” tambah pria yang kesehariannya bekerja di salah satu minimarket di Nusa Penida juga pegawai koperasi ini.

Ketertarikan Yogi Swara terhadap dunia tarik suara sudah bermula sejak ia masih duduk di bangku SD. Terlebih lagi kerap mendengar orangtuanya menyanyi, pelan-pelan memunculkan hobinya di bidang yang sama. Akan halnya kemampuan berolah vokal, sebelum menjajal dapur rekaman, Yogi sempat dua kali mewakili sekolahnya dalam dlm lomba wirama tingkat SMA/K baik untuk lomba di tingkat Kabupaten maupun Propinsi. (231)

Yogi2

Yogi Swara