“Gending Lara Ring Pengungsian” dari Raka Sidan

Sidan

AA Raka Sidan

MENYAKSIKAN puluhan ribu warga yang terpaksa mengungsi ke berbagai daerah karena ancaman bencana erupsi Gunung Agung, tak urung membuat banyak orang tersentuh. Tidak terkecuali kalangan seniman, salah satunya pencipta lagu sekaligus penyanyi Raka Sidan. Terinspirasi tragedi kemanusiaan ini, secara spontan ia menggarap satu lagu dan merekamnya di studio Harta Pro. Jadilah lagu “Gending Lara Ring Pengungsian”, yang begitu kelar langsung dibagikannya kepada sejumlah teman melalui media sosial.

“Tolong disebarkan nggih, semoga makin banyak yang terketuk hatinya,” pesan Raka Sidan sebagaimana disampaikan pula kepada mybalimusic.com.

Penyanyi yang belum lama ini merilis album “Beli Musisi” ini menuturkan, Selasa (26/9) siang ia merasa seperti ada yang menggerakkan untuk membuat satu lagu. Awalnya ia bermaksud pergi ke Denpasar saja. Namun di tengah perjalanan, entah mengapa ia malah membelokkan mobilnya dan singgah ke studio Harta Pro untuk bertemu Dek Artha. Dari obrolan singkat, muncul ide untuk membuat lagu dan langsung merekamnya.

“Tembangnya sih sudah ada dalam benak tiang, tinggal membuatkan liriknya. Dalam waktu 30 menit jadi lagunya, kemudian direkam, ya sekitar satu jam jadi,” tuturnya.

Raka Sidan menjelaskan, lagu yang dibuatnya selain sebagai ungkapan kesedihan yang dirasakan, juga dimaksudkan untuk mengetuk hati siapa saja, untuk turut peduli terhadap para pengungsi yang kini tersebar ke berbagai daerah. “Tumben saya sampai menangis membuat lagu, tidak dibuat-buat, tapi begitulah adanya,” katanya lagi.

Karena memang dibuat bukan untuk tujuan komersil, Raka Sidan berharap “Gending Lara Para Pengungsi” bisa disebarluaskan secara cuma-cuma, tentunya dengan harapan akan makin banyak yang peduli kepada pengungsi dan menyampaikan uluran tangan untuk meringankan beban sesama. (231)

Lara