Tur dan Suting Video Klip Lagu Baru di Eropa

J1SUPERMAN Is Dead saat ini tengah melakoni sejumlah pertunjukan di beberapa kota di Eropa. Diawali dari acara tahunan Pasar Hamburg di Hamburg, Jerman, 9 dan 10 September lalu, selanjutnya mereka menuju Belgia, juga untuk dua kali tampi;l 14 dan 16 September. Menurut Jrx saat dihubungi sebelum keberangkatan beberapa waktu lalu, awalnya SID mendapat tawaran untuk tampil di Hamburg sekitar 6 bulan lalu.

“Jadi ini murni memang undangan dari Hamburg. Lalu ada tawaran-tawaran lain datang secara beruntun, dari Belgia, dan terakhir dari Belanda. Jadi kami tampil di tiga negara, dua kali di Jerman, dua kali di Belgia, dan terakhir sekali di Belanda,” jelasnya.

Selain memperkenalkan musik yang mereka mainkan kepada public di Eropa, tegas Jrx mengatakan utamanya tentu saja mereka juga menyuarakan tentang gerakan Bali Tolak Reklamasi. Menariknya, selain persiapan fisik untuk menyelesaikan jadwal manggung, SID juga memanfaatkan kesempatan tur Eropa kali ini untuk pembuatan video klip di sana, untuk single terbaru mereka “Batas Cahaya”. Karenanya SID juga mengajak serta sutradara Erik Est. turut serta dalam perjalanan mereka.

Ketika ditanya apakah ada tantangan khusus yang dirasakan untuk menuntaskan tur ini, Jrx. Menyatakan mungkin bagaimana SID bisa memenangkan hati warga lokal di sana dengan musik yang mereka mainkan, juga bagaimana menghadapi perbedaan cuaca di sana. Yang jelas menurutnya semua terlihat menyenangkan sejauh ini. Senang yang dimaksud Jrx., karena ini untuk kali pertama mereka mengunjungi benua Eropa, tampil di 5 pertunjukan di tiga Negara. Berbeda dengan tur luar negeri yang pernah mereka lakukan sebelumnya, di tur kali ini jadwal SID lebih senggang, banyak waktu untuk jalan-jalan dan mengenal kultur Eropa.

“Ada kemungkinan kami akan lakukan over-seas tour sebagai rutinitas tahunan. Kadang neg juga sama industri pergelaran musik Indonesia yang terlalu mudah ditebak dan terlalu bermain aman,” katanya.

Di luar urusan tur Eropa dan beberapa rencana penampilan di Indonesia sendiri, saat ini SID tengah mempersiapkan materi untuk album ke-9 mereka, yang jika semua berjalan lancar, dijadwalkan akan rilis awal 2018. (231)