Hampir 10 Tahun Menunggu, Zio Rilis Solo Album

ZioADA kabar menarik bagi penikmat musik di tanah air khususnya Bali. Zio yang selama ini lebih banyak dikenal sebagai bassist grup Dialog Dini Hari (DDH) merilis solo album pertama yang diberi judul “See The Sun”. Sejumlah peran ia rangkap untuk rekamannya ini, mulai dari menulis lagu, menyanyi, juga memainkan instrumen musik.

“Sebenarnya project solo ini sudah mulai ada di tahun 2008, tetapi karena ada tawaran bergabung dengan Dialog Dini Hari oleh Denny Surya dan Dadang, jadinya saya merasa lebih seru untuk nge-band dulu waktu itu. Nah, awal tahun 2016 teman-teman juga yang kemudian memberi dukungan untuk menyelesaikan album dan dirilis. Saya pikir ini momen yang baik,” cerita Zio kepada mybalimusic.com, Sabtu (5/8).

Meskipun masih lekat dengan kesan DDH, Zio menyatakan album yang memuat delapan lagu apik ini jauh sekali dari nuansa folk/blues yang bisa dimainkan DDH. Begitu pula pengaruh musik dari band yang dulu pernah didukungnya seperti Hydra dan The Hydrant, menurutnya tak ada sama sekali. “Album ini sangat beda dengan warna musik band saya yang dulu bahkan DDH. Semuanya saya buat sendiri dari nol, tetapi untuk memperkuat saya mengajak adik saya Morris Orah dan Denny Surya sebagai drummer dan co-producer. Ini maksudnya mereka membantu saya sebagai ‘wasit’ dalam mengambil keputusan arransemen dan sound. Penting ada telinga kedua dan ketiga,” kilah musisi kelahiran Denpasar, 25 Mei 1979 ini.

Tentunya Zio juga  punya harapan kuat atas rekaman album solonya ini, terutama Agar semua orang bisa mendengar dan menerima karyamua, baik tua, muda, juga anak-anak. Setelah itu akan bisa banyak manggung,  dan berlanjut membuat karya karya lain selanjutnya.

Selain menjadi judul album, “See The Sun” juga menjadi lagu andalan di solo albym pertama Zio. Aransemen apik menjadikan lagu ini terdengar harmonis, empuk dan terdengar matang. Tak ada instrumen atau nada vokal yang berlebihan, semua terasa pas. Selain itu ada pula lagu cinta berjudul “Terindah”, tentang rayuan tengah malam dari seorang pria yang lama merindu. Zio juga mengajak Adra Karim untuk turut mengisi vokal di lagu “Tanah Air Udara” yang seakan menggambarkan pengembaraan suara bagaimana bass yang dimainkan Zio meningkahi pukulan drum yang dinamis namun tetap terjaga kekuatannya. Lagu lainnya yang bisa disimak dari album yang sudah bisa dipesan di Spotify & iTunes ini seperti “Laguku”, “You Are Mine”, “Dalam Mimpi”, “Love From Above”, dan “Tak Tersisa” (featuring Fendy Rizk). (231)