Konser Santai nan Akrab 10 Bintang

Konser Reunited bersama 10 bintang di Lapangan Renon, Denpasar, Sabtu (13/7)

Konser Reunited bersama 10 bintang di Lapangan Renon, Denpasar, Sabtu (13/7)

KETIKA mendapat undangan untuk menyaksikan konser Reunited beberapa hari lalu, sesungguhnya saya berada pada kondisi tertarik dan kurang tertarik. Tertarik karena membayangkan 8 nama dari grup musik berbeda berkolaborasi, ditampilkan sepanggung, akan seperti apa jadinya. Kurang tertarik karena saya pikir sudah cukup banyak konser musisi nasional “begitu-begitu saja” tanpa ada sesuatu yang membuat penampilan mereka layak diberikan bintang. Terlebih kemudian saat acara, Sabtu 13 Juli 2013, sekeliling lokasi di Lapangan Renon, Denpasar, kendaraan sangat padat, susah mencari parkir.

Saya pun memutuskan untuk berbalik arah, tidak jadi menonton. Namun entah mengapa, seperti ada yang mendorong saya untuk melewati Lapangan Renon kembali sepulang dari satu acara, sekitar pukul 21.55 wita. Secara kebetulan, ada satu satu tempat kosong yang sangat nyaman untuk memarkir motor saya. Seperti tergiring begitu saja, akhirnya saya memutuskan untuk menyaksikan seperti apa konser Reunited kali ini — konser tahun lalu menampilkan GIGI di pantai Kuta dan dibuka penampilan Naif.

Ternyata selarut saya sampai, SID sebagai opening act masih menyisakan dua lagu mereka, “Bukan Pahlawan” dan “Kuat kita Bersinar”. Tidak bertele-tele, begitu SID turun panggung, 8 bintang yang dipublikasikan akan tampil, sudah siap di panggung bagian belakang. Satu kejutan juga, semula dari 8 nama – Ari Lasso (eks. Dewa), Once (Dewa), Candil (eks. Seurieus), Arya Baron (eks. GIGI), Sandy (PAS Band), Yuke (Dewa), Badai (Kerispatih), Ridho (Slank) – ada tambahan dua nama yang tak kalah menarik, Lilo “KLa Project” dan Andra. Jadilah malam itu konser Reunited yang disebut-sebut sebagai konser persahabatan, konser akrab, menampilkan 10 bintang yang punya daya tarik masing-masing.

Sandy, Ari Lasso, Yuke, dan Baron di Konser Reunited di Lapangan Renon, Denpasar, Sabtu (13/7)

Sandy, Ari Lasso, Yuke, dan Baron di Konser Reunited di Lapangan Renon, Denpasar, Sabtu (13/7)

Masih dalam bayangan saya, kira-kira lagu apa saja yang akan mereka mainkan, selepas Ari Lasso membuka pertunjukan dengan “Cukup Siti Nurbaya” yang disusul Once dengan “Separuh Nafas” dan Candil yang justru bukan membawakan lagunya dari grup Serieus, malah menyanyikan “Sui Suit He He” dari album pertama Slank.

Sejurus kemudian Once menyatakan mereka akan membawakan lagu-lagu “lawas” yang menginspirasi dan memberi semangat di awal-awal karier mereka. Once pun membawakan “Are You Go My Way” (Lanny Kravitz), disusul Ari Lasso dengan “It’s My Life” (Bon Jovi) dan Candil menyanyikan “Paradise City”. Badai “Kerispatih” yang main keyboard juga sempat membawakan satu lagu, “Tak Lekang Oleh Waktu”. Berturut-turut kemudian 10 bintang yang bermain “serius tapi santai” membawakan “More Than Words” (Extreme), “To Be With You” (Mr. Big) dan “Terlalu Manis” (Slank) yang diikuti koor panjang penonton hingga membuat pertunjukan makin terkesan akrab. Lilo yang sempat “ditodong” menyanyi, memilih lagu “I Live My Life For You” (Firehouse), hingga seluruh pengisi acara menyudahi pertunjukan dengan lagu “Jogjakarta” (KLa Project) yang pada beberapa bagian liriknya diganti dengan kata Bali.

Well, walau tidak dahsyat sekali, konser Reunited 2013 yang digagas salah satu produsen minuman beralkohol ini akhirnya mampu memberikan kesan tersendiri bagi penonton. Jarang-jarang pentolan grup band ternama dikolaborasikan dalam satu panggung bersama, tak hanya membawakan lagu andalan dari grup mereka, namun juga menyanyikan hits penyanyi lain yang boleh dibilang semuanya dihafal penonton. Alhasil konser yang disaksikan sekitar 10 ribu penonton — yang hampir sebagian memilih untuk “puas” menyaksikan dari luar area pertunjukan dengan melihat aksi musisi dari jarak jauh atau layar lebar – berlangsung santai dan memang akrab.

Gara-gara konser ini pula, saya jadi berpikir, untuk tahun depan, Reunited akan menampilkan konsep apalagi ya, yang beda, punya daya tarik tersendiri dan tetap menjanjikan pertunjukan yang benar-benar menghibur. *adn