HarmoniA : Lewat Lagu, Bangga Berbahasa Bali

Haw1

Grup band berbahasa Bali, HarmoniA

MASIH kurangnya perhatian generasi sekarang terhadap penggunaan dan pelestarian  bahasa Bali, menjadi alasan bagi sejumlah anak muda yang hobi bermusik untuk kemudian memilih jalur lagu berbahasa Bali. Tak terkecuali bagi HarmoniA, band yang menjadikan music pop folk akustik sebagai ciri khas mereka.

“Kami melihat kurangnya perhatian anak muda jaman sekarang bagaimana pentingnya membudayakan bahasa daerah (Bali). Masih banyak yang lebih suka lagu berbahasa Inggris dan malu jika disuruh nyanyi Bali,” ujar Krisna, vokalis HarmoniA, kepada mybalimusic.com.

Karena itu pula, kuat keinginannya bersama HarmoniA agar anak muda Bali bangga dan senang dengan bahasa daerahnya, serta tidak malu lagi menyanyikan lagu berbahasa Bali. Lewat album pertama “Bahagiaku Itu Kamu” yang dirilis Mei lalu, HarmoniA menunjukkan niat mereka itu. Di album yang digarap sekitar setahun ini, HarmoniA masih banyak membahas tentang tema percintaan anak remaja, karena tema tersebut dipandang  sebagai tema yang tidak ada habis-habisnya untuk dibahas

HarmoniA berawal saat Krisna (vokal, gitar ritem) , Wahyu (vokal, cajon), Dodit (vokal, gitar melodi) dan Tude (bass) yang masih tercatat sebagai mahasiswa salah satu kampus swasta di Denpasar, bertemu  di UKM musik. Dari salah, mereka kemudian fokus untuk membuat sebuah band. “Sebenarnya sejak 2015 akhir kami sudah sering main musik bersama. Namun benar-benar mulai fokus sejak 1 Mei 2016 dengan mengusung genre pop folk akustik. Nama HarmoniA kami pilih dengan harapan tiap lagu yang kami ciptakan mampu membuat hati orang menjadi harmonis dan terbawa perasaan,” jelas Krisna.

Di tengah banyaknya band lain yang sejenis, HarmoniA mencoba memunculkan ciri khas, di antaranya format band akustik dengan tiga vokalis. Begitu pula keputusan memilih genre pop folk akustik. Selain itu mereka juga tidak melulu berbicara cinta dalam lagu-lagunya. Misalnya saja HarmoniA menyelipkan satu lagu berjudul “Nusa Penida” di abum pertamanya.

Rencana ke depan, HarmoniA bersiap menggarap album ke-2 yang direncanakan bisa rampung dan dirilis tahun depan. Dalam waktu dekat, mereka juga berencana meluncurkan single terbaru, yang digadang-gadang rampung Agustus mendatang. (231)

haw2