Ijinkan Mengalun dengan Nurani, Hanamura Bangkit Lagi

HanamuraCUKUP lama vakum dan tiada terdengar kabar, bahkan personelnya sibuk dengan project masing-masing, band indie Hanamura muncul lagi. Baru saja, mereka merilis karya terbaru, satu single yang diberi judul “Ijinkan Mengalun dengan Nurani”. Menurut Vendi, sang vokalis, lagu ini mengungkapkan protes tak berdaya seorang anak untuk Ayah Ibunya. Bukan durhaka, tapi merupakan ungkapan dalam hati karena dipaksa mengikuti jalan hidup pragmatis.

Apa yang mendorong Hanamura berkarya lagi setelah lima tahun hibernasi, selepas rilis album kedua “Jutaan Detik Setelah Detik Ini”? “Kami berkarua lagi karena banyak dorongan dari teman-teman dekat yang ingin Hanamura bangkit lagi. Gery sebagai gitaris juga paling total meyakinkan personil lain untuk bangkit. Di samping juga pergantian bassist membuat kami lebih intens bereksplorasi untuk lagu baru,” jelas Vendi kepada mybalimusic.com.

Meskipun ada perubahan formasi, posisi bassist dari Wira beralih ke Raja, menurut Vendi tak ada perubahan  signifikan terhadap corak musik Hanamura. Ini karena sebelum Raja resmi bergabung, Hanamura sudah punya rancangan untuk aransemen dan sound yang diinginkan. “Ditambah masuknya Raja, dia memberi sentuhan-sentuhan yang di luar dugaan namun sangat menguatkan musik Hanamura. Secara garis besar, hanamura saat ini lebih soft dari sound tapi tetap meledak-ledak dalam penyampaian lagu,” demikian Vendi.

Hanamura mulai diperkenalkan ke publik 26 Mei 2009. Filosofi dari nama Hanamura itu sendiri adalah (Ha)nya sebuah (Na)ma yang (M)ewakili (U)nsur dalam (Ra)sa. Musik yang merrka bawakan merupakan perpaduan antara genre emo, pop, punk dan rock serta dibalut dengan lirik kuat yang mengangkat berbagai permasalahan hidup yang memang manusia pernah alami. Dalam perjalanannya, Hanamura sudah menghasilkan dua karua, mini album “Berbeda di Mata yang Berbeda” (2010) dan “Jutaan Detik Setelah Detik Ini” (2012). Selaij itu mereka juga terlibat di album kompilasi  “Young Sounds of Bali 3” dengan lagu “Diam di atas Segalanya”, dan di album “Rock After School 3” dengan lagu “Doa Dendam”. Selain berkarya, Hanamura juga kerap mengikuti ajang festival band lokal dan regional. Terakhir,  band ini didukung Vendi (vokal, gitar), Gery (gitar), Raja (bass), dan Gus Ari (drum). (231)