Siap-siap Menuju Bali Blues Festival 2017

BBF2BALI Blues Festival (BBF), satu-satunya ajang musik blues rutin tahunan di Bali,  bakal digelar lagi 26-27 Mei mendatang. Siap-sipa untuk menyaksikan kebolehan sejumlah musisi Tanah Air seperti Krakatau Reunion, Gugun Blues Shelter Feat Indra Lesmana, Six String, Balawan & Gilang Ramadhan, Dialog Dini Hari, The Damned And Dirty, Raw Earth, The Bodhi, Sound Of Mine, Rio Sidik, Brightsize Trio, Crazy Horse, Ronaldgang, Bali Guitar Club, Ika & The Soul Brothers, John And The Jail Story, Ed, Northcross Road, The Sunburst, dan Souled.

Agung Bagus Mantra dari Pregina Art  selaku  inisiator acara mengatakan, BBF tahun ini memang dikembangkan menjadi dua hari acara dengan menampilkan maestro musik Indonesia yang secara fondasi mereka memulai kariernya dengan perjalanan roots musik yakni blues.  Kabar baiknya,  BBF kini telah menjadi salah satu agenda musik yang memegang genre blues di Asia Tenggara. Semangat kebersaman telah tertanam pula sejak awal, bagaimana musisi ikut terlibat memiliki dan membesarkan festival yang digelar di Peninsula Island, Nusa Dua ini.

“Dari penyelanggaraan pertama 2015, hingga saat ini progress-nya bisa dibilang luar biasa . Secara spirit dan semangat menikmati proses perkembangan dan energi yang menyatu segenap komponen,” jelas Gus Mantra kepada mybalimusic.com.

Di sisi lain ia pun berhatap BBF akan menjadi ajang alternatif pariwisata di Bali, yakni sebagai tujuan festival musik berkualitas. Untuk itu dukungan dari para pelaksana festival di sejumlah Negara seperti Singapura, Australia, dan Belanda sangat berpengaruh. Sehingga ke depannya sangat berpeluang untuk menampilkan grup band  yang memiliki network besar dalam pergelaran blues dunia, dengan  cara saling mengundang.

“Koneksi untuk memperbesar memperluas network blues kami lakukan dengan promosi Bali Blues Festival di Byron Bay Nsw Aaustralia. Hasilnya, kami mendapat dukungan moral serta kerja sama ke depannya,”  tambah Gus Mantra sembari berharap BBF  dapat sebuah ajang musik sekaligus mengedukasi dan memperluas wawasan di bidang musik serta memperat tali persahabatan antarnegara lewat musik.

Diakui, tantangan utama tiap festival tak jauh dari masalah pendanaan,  karena para perusahaan calon sponsor tentunya akan melihat dan mengevaluasi terlebih dahulu perkembangan penyelenggaraan BBF. Untuk itu dituntut kesabaran dan pengorbanan serta fokus dalam mempertahankan kelangsungan event ini. Namun demikian ia yakin BBF akan menggelora berkat bantuan terutama seniman musisi yang juga mengharapkan event ini terus berlangsung agar menjadi ikon festival musik internasional di Indonesia khususnya di Bali.

Sebagai awal sekaligus “pemanasan” sebelum BBF 2017, sejumlah acara bertajuk road to Bali Blues Festival akan digelar, antara lain di Hard Rock Cafe Bali, Minggu (14/5), serta halaman TVRI Bali, Jumat (19/5). Sebelumnya acara serupa juga digelar bersamaan dengan car freeday di Singaraja, Minggu (7/5). (231)

BBF3