Soullast Band, dari Lau hingga Hompimpa

Soullast

Soullast Band

MUSIK reggae tampaknya kian kuat diminati generasi muda. Selain ajang musik yang menampilkan musik reggae, grup band yang memainkan musik ini pun cenderung bertambah. Yang terbaru, muncul satu nama lagi, Soullast Bali Band. Dicetuskan sejak akhir 2016 lalu, dalam waktu singkat mereka sudah merampungkan sejumlah lagu sendiri. Berawal dari lagu “Lau”, kini mereka tengah menggarap lagu keempat yang diberi judul “Hompimpa”.

“Kami berkarya di jalur reggae karena bisa dibilang sebagai variasi, setelah masing-masing personel jenuh memainkan musik sebelumnya. Kebetulan saya sempat bekerja sama dengan sejumlah musisi senior band reggae. Akhirnya ini menjadi pilihan, dan kami bisa berkarya dengan lebih santai. Inspirasipun lebih berkembang di nuansa reggae,” jelas Detu,  keyboardist Soullast.

Ditambahkan, saat ini Soullast merampungkan  single demi single dengan target untuk rilis mini album. Rencananya akan ada enam 6 lagu, dan 1 lagi bonus. Selain  reggae berbahasa Bali juga diselipkan lagu berbahasa Indonesia. Diakui, permainan dan karya Soullast tak jauh dari pengaruh sejumlah grup reggae kenamaan dunia seperti Big Mountain atau Inner Circle.

Soullast yang didukung formasi Gulem (vokal), Dede (gitar), Mang Edik (drum), Brink, (bass) dan Detu (keyboard) berawal ketika Dede dan seorang Rijek alias Dettu berencana membuat project grup band terakhir. Band yang rencananya juga membawakan lagu berbahasa Bali itu sederhana saja, menampilkan aransemen musik gitar, bass dan cajon. Karena belum ada vokalis akhirnya Dede dan Rijek memutuskan jamming dengan Mang Edik, hingga terciptalah lagu reggae Bali “Lau”. Hingga masuknya Atha alias Gulem sebagai vokalis, band ini masih tanpa nama.

Karena diharapkan menjadi project band terakhir, muncullah nama Soul Last  sebagai plesetan dari lata last soul atau jiwa terakhir. Dalam hal ini penjiwaan musik mereka yang terakhir ya musik reggae. Soul Last akhirnya digabung menjadi Soullast supaya mudah dilafalkan dan bisa dibaca solas yang artinya 11, sebuah bilangan istimewa. (231)