Four United Rahasiakan Lagu Baru

Four

Four United

APA kabar Four United? Setelah angkat nama dengan lagu “Sing Punyah Sing Mulih” dua tahun silam, grup band lagu berbahasa Bali ini berenca merilis single baru tahun ini. “Rencananya pertengahan 2017 ini kami mengeluarkan single baru. Hanya apa lagunya tentang apa dan apa judulnya, masih kami simpan, belum akan kami ungkapkan dulu. Biar surprise, biar ada yang ditunggu penikmat lagu Bali khususnya penggemar FU,” ujar Saraff, sang vokalis.

Meskipun demikian Saraff mengatakan lagu-lagu yang digarap grup bandnya masih tetap seperti karya sebelumnya, yang lebih banyak mengangkat tema tentang perasaan cinta dan tema sosial kemasyarakatan. Pilihan untuk tetap di jalur lagu berbahasa Bali, menurut Saraff bukan tanpa alasan. Selain sebagai orang Bali merasa bangga dan ingin turut melestarikan bahasa Bali, juga karena karakter vokal sang vokalis yang masih kental dengan corak wirama Bali.

“Kebetulan dari SD sampai SMA saya sering mewakili sekolah untuk lomba mawirama atau kidung Bali. Jusru kalau saya menyanyikan lagu berbahasa Indonesia terasa kaku untuk mengucapkannya. Jadi sampai sekarang optimis selalu dengan lagu Bali,” jelas Saraff.

Di blantika musik pop Bali, nama Four United atau sering disebut FU, mulai muncul sejak 2010 saat mereka merilis mini album “Ampura Beli” dalam format CD audio. Album yang memuat lima lagi tersebut mendapat sambutan cukup bagus, sehingga FU semangat untuk terus berkarya. Hingga di tahun 2013 mereka merilis album penuh dengan format CD audio juga, dengan judul “Terima Bali”.

Nama Four United justru makin dikenal saat lagu mereka “Sing Punyah Sing Mulih” dari album VCD berjudu; “Coba” di tahun 2015 mendapat respons memuaskan. Dari Sembilan lagu di album ini, memang “Sing Punyah Sing Mulih” yang paling banyak digemari. Bahkan hingga saat ini, video klipnya di Youtube tercatat dilihat 736.436 pengunjung.

Terbentuknya Four united berawal dari keinginan para personelnya membuat sebuah karya seni dalam bentuk lagu Bali. Kreativitas ini dipandang positif sekaligus turut membanggakan keluarga maupun teman-teman. Maka 29 Juli 2009 kami band ini terbentuk dengan empat personel, Saraff (vokal), Bayu Andika (drum), Wira (gitar), dan Deedok (bass). Dalam beberapa kesempatan, FU juga mengajak biduanita Dek Sri untuk duet pada beberapa lagu.

“Nama Four United bermakna berempat selalu berkaya. Hanya dalam keseharian kami merasa nyaman menyingkatnya dengan mengucapkan FU. Karenanya sekarang lenih sering disebut FU saja,” demikian Saraff. (231)