“Berhenti di Sini”, Seruan “Move On” ala Junk Anik

Anik A

Junk Anik

SATU lagi nama baru meramaikan blantika musik pop Bali. Namanya Junk Anik. Memasuki 2017 ini, ia sudah punya satu “jualan”, sebuah lagu berjudul “Berhenti di Sini”. Jangan terkecoh. Meskipun judulnya menggunakan bahasa Indonesia, namun lagu yang sudah mulai diperkenalkan akhir tahun kemarin ini, liriknya tetap berbahasa Bali.

“Berhenti di Sini” konon tercipta setelah Jero Soka Sidan selaku pencipta kerap menerima curahan hati dari beberapa sahabatnya. Terutama, mereka yang sering terkurung dalam kondisi cinta yang bertepuk sebelah tangan. Dari sanalah ia terdorong membuat lagu “Berhenti di Sini” agar wanita yang mendengarnya belajar untuk move on dari situasi tersebut.

Menurut Jero Soka Sidan, pemilihan judul berbahasa Indonesia dengan lirik berbahasa Bali terkesan unik karena ingin mengesankan sesuatu yang global. Pemilihan judul “Berhenti di Sini” dimaknai sebagai suatu tolok ukur untuk memulai sesuatu dari nol. “Karena jika tidak ada tolok ukur untuk ‘berhenti di sini’ dulu, maka tidak akan ada tonggak awal dari suatu permulaan,” ujarnya.

Lagu bagaimana kemudian “Berhenti di Sini” bisa dinyanyikan Junk Anik? Ternyata awalnya sang pencipta masih belum percaya diri dengan hasil karya pertamanya. Gayung bersambut ketika ia meminta masukan menawarkan demo lagu tersebut untuk dinyanyikan kepada Junk Anik, sobatnya ini sangat antusias. Didukung Nonik yang mengatur musik sekaligus rekaman di studio Leucopsar, dalam waktu singkat jadilah single “Berhenti di Sini”.

Bagi Junk Anik yang punya nama lengkap Tjokorda Istri Agung Sry Ardani, S.Pt., MP., dunia tarik suara sudah bukan hal asing lagi. Bermula dengan dengan mengisi beberapa kegiatan di sekolah, ulang tahun kampus, hingga menjadi wedding singer, bahkan kerap menjajal kemampuan di berbagai ajang lomba menyanyi. Terakhir, ia sempat menyabet gelar juara favorit Lomba Karaoke Lagu Bali di Mengwi Badung pada Agustus 2016 lalu. Kini di bawah bendera A’Productions Bali, Junk Anik mencoba turut mewarnai blantika musik Bali dengan. Setelah “Berhenti di Sini”, ia pun sudah bersiap-siap dengan dua lagu lainnya, “Ngintip Status” dan “Hari Bahagia”.

Kalaulah ditanya apa yang membuat Junk Anik begitu bersemangat untuk rekaman dan memperkenalkan rekamannya ke publik, dengan singkat ia menjawab, “Saya menyanyi dari hati untuk membahagiakan hati orang lain”. (231)

Anik B

Junk Anik