“Bom Cinta” Navicula Berisi “Semut Hitam”

Navicula, dari kiri ke kanan : Gembul, Made, Dankie, dan Robi

Navicula, dari kiri ke kanan : Gembul, Made, Dankie, dan Robi

ADA kabar menarik lagi dari Navicula, grup musik dari Bali yang seakan tak pernah sepi kreativitas. Di sela-sela kesibukan tampil di sejumlah acara di berbagai daerah, mereka telah merampungkan materi untuk album terbaru yang diberi judul “Love Bomb” atau bom cinta. Yang menarik ini bukan hanya menjadi double album pertama bagi Navicula, tapi juga karena di album ini mereka membawakan lagu “Semut Hitam” yang dipopulerkan grup rock kenamaan, God Bless.

Bukan sekadar iseng atau hanya asal pilih, ada alasan kuat bagi Robi (vokal), Dankie (gitar), Made (bass), dan Gembul (drum) untuk membawakan “Semut Hitam”. Dua tahun silam, Navicula mendapat kesempatan untuk tampil di acara Jakarta Artmosphere yang menggabungkan musisi lintas generasi. Di mana musisi daru generasi terdahulu disandingkan dengan musisi masa kini, yang dipandang memiliki karakter dan nuansa sama. Sebut misalnya Mocca yang disandingkan dnegan Oddie Agam, atau Gugun and Blues Shelter yang dipasangkan dengan Silvia Saartje. Nah, Navicula disandingkan dengan God Bless.

Menurut Robi, mungkin panitia penyelenggara melihat sejarah panjang perjalanan God Bless juga idealisme pergerakan mereka, mirip dengan gerakan Navicula saat ini. Saat acara itu God Bless memainkan lagunya Navicula, dan kami memainkan lagu God Bless. Dari sejumlah lagu yang disodorkan, disepakati untuk mengaransemen ulang “Semut Hitam”.

“Sebenarnya memang ada banyak pilihan lagu, termasuk yang legendaris, lagu Kehidupan. Kalau Semut Hitam yang akhirnya diangkat, secara pribadi karena lagu ini bagi kami punya kesan sendiri. Kebetulan kami sedang tumbuh remaja saat lagu ini sedang populer. Akhirnya ketika memilih materi lagu untuk album Love Bomb, kami punya pemikiran, kenapa tidak masukkan saja Semut Hitam,” cerita Robi.

Yang melegakan bagi Navicula, Jockie Surjoprajogo (mantan personel God Bless yang menciptakan lagu “Semut Hitam” bersama Donnie Fatah) sudah memberikan ijin secara resmi untuk pemakaian lagu tersebut. Bakal seperti apa lagu “Semut Hitam” di tangan Navicula? “Kami hanya mengaransemen ulang musiknya. Kalau lagu dan liriknya masih tetap sama,” jelas Robi.

Walaupun secara materi dan proses rekaman sudah rampung, namun Navicula belum berani memastikan kapan “Love Bomb” dirilis. Begitupun mereka tak pasang target kapan album yang diproduseri Volcom Entertainment ini bisa dinikmati publik, namun diperkirakan akhir Juli atau Agustus sudah beredar. Yang jelas album ke-7 Navicula ini berisikan dua CD, satu CD memuat 5 lagu (termasuk dua lagu “Days of War, Nights of Love” dan “Refuse to Forget” dua yang direkam di studio Record Plant Hollywood), dan satu CD lagi berisikan 10 lagu termasuk “Semut Hitam”. *adn