Ganti Nama dan Jualan “Linggis”

WS

Agung Wiradana

KANCAH musik pop Bali bakal diramaikan dengan satu lagu baru dari satu penyanyi dengan nama baru, Agung Wiradana. Meskipun nama baru, sejatinya dia adalah sosok lama yang sudah malang melintang dalam hal tarik suara. Ya, Agung Wiradana tak lain nama baru dari Agung Wirasutha, yang masih lekat dengan sejumlah hits seperti “Tresna Garang Kuluk”. Menutup tahun 2016, Agung memproklamirkan nama barunya, Agung Wiradana, sekaligus memperkenalkan jualan barunya, satu single berjudul “Goyang Linggis”.

Awalnya waktu mengisi acara HUT ke-7 Mangupura di Lapangan Puspem Mangupraja Mandala bulan lalu, Agung sempat sepanggung bersama Dewi Persik dan Cita Citata. Nah, secata sponran di panggung ia menyebutkan, jika Dwi Persik punya gergaji, dan Cita Citata dikenal dengan goyang itik, nah ia juga punya gerakan special yang disebutgoyang linggis. “Ternyata respon penonton luar biasa, bahkan berlanjut dengan banyaknya komentar di luar panggung. Dari sana muncul pemikiran untuk membuat lagu baru, dibantu penata musik Sila,” jelas Agung Wiradana kepada wartawan di Denpasar, Selasa (6/12).

Meksipun judulnya “Goyang Linggis”, Agung menekankan, lagu yang dinyanyikannya sama sekali tidak porno. Justru liriknya mengajak bagaimana caranya menghadapi situasi ekomomi yang sulit, pekerjaan susah, agar tetap gembira dan bersemangat. Menariknya, proses penciptaan lagu “Goyang Linggis”, rekaman, hingga penggarapan video klip oleh Yong Sagita terbilang kilat. “Goyang Linggis” akan menjadi salah satu andalan di album DVD berisikan single-single Agung Wiradana sebelumnya, yang recananya akan dirilis  sebelum tutup tahun ini.

Soal nama, ayah dua anak ini tak memungkiri, namanya dahulu Agung Wirasutha sudah dikenal publik secara luas. Namun karena satu pertimbangan, setelah memikirkan berbagai aspek, pria asal Tabanan ini pun memutuskan untuk memakai nama baru Agung Wiradana. “Sebenarnya berat juga melepas nama yang sudah begitu melekat pada diri saya, keluarga, dan hati masyarakat. Saya memilih nama Agung Wiradana yang secara filosofis memiliki makna keberuntungan, kreatif, kaya ide, juga suka upacara gama dan spiritual,” jelasnya.

Ditegaskan, nama Agung Wiradana dipakai untuk nama secara niskala, juga nama keartisan dan sehari-hari. Sedangkan secara hukum, namanya masih tetap sesuai akta kelahiran, I Gusti Agung Ketuit Wira Sutha. “Mohon doa restunya, mudah-mudahan langkah ini membawa berkah bagi untuk kita,” pungkasnya.(231)

WS2