“Bunga”, Lagu Sakit Hati yang Optimis dari Balawan

Balawan

Balawan

CUKUP lama Balawan tak terdengar menyanyi lagi. Sekalipun aktivitasnya di panggung musik tiada henti, namun seperti yang sudah banyak dikenal, ia hanya bermain gitar. Baik sendirian, atau kolaborasi dengan musisi lainnya. Nah, pertengahan Agustus lalu tiba-tiba saja nyanyian Balawan terdengar lagi. Ya, ia baru saja merilis satu single berjudul “Bunga”.

Masih di bawah bendera Universal Music Indonesia, lagu “Bunga” menjadi karya kedua Balawan yang dirilis setelah album solo “See You Soon” (2009). Mengapa begitu lama bagi seorang Balawan merilis lagu baru? “Selama ini saya disibukkan dengan urusan merintis sekolah musik. Sekarang sekolahnya sudah jalan, dan saya mulai berkarya lagi. Di samping itu saya memang sempat vakum rekaman seiring merosotnya penjualan CD audio dan tutupnya toko-toko kaset,” jelasnya  kepada mybalimusic.com di Denpasar, Sabtu (20/8).

Lagu “Bunga” yang diciptakan sendiri, oleh Balawan disebut sebagai lagu ‘sederhana’ tentang cinta yang sudah lama hilang namun dipertemukan lagi, kemudian gagal lagi, dan akhirnya bertemu dengan yang baru. “Jadi ini lagu sakit hati yang optimis, karena dapat gantinya lagi,” ujar Balawan sembari menyebutkan, kali ini lagu yang ia buat lebih ke pop jazzy dengan sentuhan bigband ala jaman sekarang.

Sebagai musisi yang banyak dikenal dengan teknik taping dalam bermain gitar, Balawan mulai merintis kariernya sejak masih remaja. Pertengahan 90-an sepulang dari menimba ilmu musik di Australia, ia mulai menunjukkan kebolehannya dalam berbagai pentas musik di dalam dan luar negeri. Musisi asal Batuan, Gianyar ini juga mengkolaborasikan permainan gitarnya dengan musik tradisional Bali, dan mengibarkan bendera Batuan Ethnic Fusion. Di kancah rekaman, selain merekam sejumlah  permainan gitar baik solo maupun bersama  musisi lain (termasuk bersama Tohpati dan Dewa Budjana dengan nama Trisum), Balawan secara mengejutkan juga menyanyi dan cukup berhasil menarik minat penikmat musik dengan lagu “Semua Bisa Bilang”, nyanyian band The Mercys yang diaransemen ulang. Lagu tersebut terdapat di album “Magic Fingers” (2006) yang ditangani Sony BMG Music Indonesia. Tiga tahun berikutnya Balawan merilis “See You Soon” namun di bawah label berbeda, Universal Music Indonesia. “Bunga” menjadi single baru yang akan mengingatkan penikmat musik kalau selain piawai main gitar, Balawan juga oke kalau menyanyi dengan karakter suara yang khas. (231)