Sound Of Mine, Bebas Menyuarakan Karya

SOM1

Sound of Mine, dari kiri ke kanan: Anta, Krisna, dan Iwan

BEBERAPA waktu belakangan, nama Sound Of Mine makin sering terdengar. Grup ini kerap muncul di event musik di Denpasar, Kuta, dan sekitarnya. Grup musik baru? Bisa dikatakan demikian, karena mereka baru terbentuk pertengahan 2014 lalu. Namun kalau dikatakan baru sama sekali, sesungguhnya tidak juga. Ini kalau melihat mereka yang memperkuat nama ini.

Ya, dari tiga personel Sound of Mine, Krisna (vokal, gitar ), Iwan (bass) , dan Anta (drum ), jelas sekali mereka bukan orang baru untuk urusan bermusik. Apalagi adik dan kakak dari Tabanan, Krisna dan Iwan, yang sudah nge-band sejak anak-anak dan sempat pula angkat nama dengan band Pandawa di blantika musik indie Bali awal 2000-an. Bahkan Krisna sendiri kemudian sempat muncul solo dan merilis album rekaman dalam format CD.

Itu kisah masa lalu. Saat ini, Krisna dan Iwan makin klop dengan Anta untuk menjaga keberlanjutan grup Sound of Mine. Jika dulu Krisna dikenal sebagai gitaris, di sini ia juga makin percaya diri untuk menyanyi.

Sound of Mine berawal dari project iseng dari Iwan dan Krisna untuk menggarap lagu instrumen gitar di studio rekaman mereka di Tabanan. Entah bagaimana mulanya, terbetik pemikiran untuk membentuk band dengan format trio. Krisna pun yakin memutuskan tak hanya main gitar tapi juga mengisi vokal. Hingga bertemu personel kletiga, Anta yang masuk mengisi posisi drum sampai saat ini

“Nama Sound of Mine secara filosofis bermakna suara saya. Ini menegaskan semangat untuk bebas menyuarakan karya tanpa terbatas atau terikat dalam satu genre musik tertentu,” jelas Iwan, bassist grup ini kepada mybalimusic.com, Rabu (10/8).

Pilihan musik Sound of Mine tidak jauh-jauh dari genre rock alternative, namun diperkaya dengan sentuhan blues, funk hingga dance. Selama dua tahun terbentuk, selain mengisi beberapa acara musik, mereka juga sudah melepas dua single, “Baby” dan “I Can’t Believe”. “Sekarang masih dalam proses penggarapan album penuh pertama. Rencananya akan akhir tahun ini. Nantinya akan ada 10 materi lagu, dua di antaranya instrument,” demikian Iwan.

Penampilan terdekat Sound of Mine adalah mengisi acara  tahunan Jazz Market by the Sea di Tanjung Benoa, Badung,  20 Agustus mendatang. *231