Buktikan Eksistensi, Nawakara Pantang Menyerah

NawakaraPANTANG menyerah, semangat itulah yang ingin ditunjukkan grup band Bali, Nawakara. Di tengah beratnya persaingan grup musik saat ini, Nawakara tak ingin berputus asa dalam menunjukkan eksistensi. Sebagai bukti semangat itu, satu rekaman terbaru bertajuk “Jangan Menyerah” dirilis belum lama ini. Ini menjadi album kedua mereka setelah “Sakit Hati” di tahun 2014.

“Album ini sebagai tanda bukti Nawakara masih eksis di kancah musi di Bali. Astungkara penggemar musik masih mau menghargai karya kami dengan cara membeli CD original,” ujar Micky, vokalis Nawakara.

Sebelum “Jangan Menyerah” resmi diluncurkan, beberapa waktu lalu Nawakara sempat mengawalinya dengan mengeluarkan “bocoran” satu single hits “Cinta Suci” dan “Tresna Sujati”. Dua lagu inilah yang menjadi salah satu andalan mereka di samping 6 lagu lainnya, “Jangan Menyerah”, “Seandaine”, “Tresna Sujati”, “Cuma Beli”, “Setulus Hati”, ”Ulian Materi”, dan “Tri Hita Karana”.

Di album keduanya ini, Nawakara mencoba lebih banyak memasukkan unsur musik tradisional ke dalam aransemen mereka. Misalnya saja permainan gender dan rindik, juga suara kecak yang terdengar sepertu pada lagu “Tri Hita Karana”. “Harapan kami tentu saja semoga karya kami ini bisa diterima oleh semua pengemar musik khususnya penggemar lagu berbahasa Bali, baik yang ada di daerah Bali sendiri maupun yang di luar Bali,” demikian Micky.

Nawakara Band mulai meramaikan blantika musik pop Bali sejak 1 September 2013. Awalnya mengambil aliran rock alternative, grup yang didukung Micky (vokal, gitar ritem), Dwi (bass) dan Goye (drum) ini kini lebih cenderung bermain di jalur pop rock. Album perdana mereka “Sakit Hati” dirilis April 2014. Di dalam album perdananya itu, Nawakara mencoba menghadirkan enam lagu dengan karakter yang berbeda-beda. Ada upaya dari Nawakara untuk menggabungkan permainan musik Bali dengan musik nasional. Hingga saat ini Nawakara memiliki dua basecamp, di Banjar Semana, Mambal, dan di Banjar Sigaran, Mekarbhuana, Abiansemal. (231)