Tiga Acara Musik Jazz Bergengsi Ramaikan Bali

TIGA acara musik jazz bergengsi, Jimbaran Bay Jazz Fest., Ubud Village Jazz Festival dan Jazz Market by The Sea bakal meramaikan Bali dalam dua bulan ke depan. Yang ini bukan sekadar pentas musik jazz seperti yang lazim ditemukan di kafe, club atau restaurant, namun serangkaian acara yang digarap dengan konsep khusus. Satu kebetulan ketiganya digelar di tiga tempat wisata berbeda, Ubud, Jimbaran, dan Nusa Dua.

David Benoit dan Chika Asamoto tampil di Jimbaran Bay Jazz Fest 2013

David Benoit dan Chika Asamoto tampil di Jimbaran Bay Jazz Fest 2013

Untuk Event pertama 7 Juli mendatang, Inter Continental Bali & Resort menampilkan Jimbaran Bay Jazz Fest 2013 atau “The Jimbajazz”. Acara yang direncanakan ber- langsung dari siang hingga petang tersebut menampilkan beragam musisi jazz dari Bali hingga internasional.

Mereka yang akan tampil di antaranya grup lawas Krakatau, Tompi, The Groove, Monica Tahalea, Helga Fusion, Saharaja feat. Rio Sidik, BSE Project, Ryoshi All Star feat “Afronesia”, dan dua nama musisi jazz kawakan dunia, Chika Asamoto dari Jepang dan David Benoit (Amerika). Mendahului acara utama, digelar sejumlah pre event di beberapa tempat.

Jazz dengan Konsep “Green Festival”

Gelaran kedua, Ubud Village Jazz Festival (UVJF) yang digadang-gadang sebagai rintisan untuk acara jazz bertaraf internasional akan dihelat 9-10 Agustus mendatang di Agung Rai Museum (ARMA) Ubud.

Sejumlah pengisi UVJF 2013 : Peter Beets, YAA, Dewa Budjana, Dian Pratiwi dan Uwe Plath

Sejumlah pengisi UVJF 2013 : Peter Beets, YAA, Dewa Budjana, Dian Pratiwi dan Uwe Plath

Menurut Anom Darsana dari Antida Music selaku penggagas, cikal-bakal UVJF sudah ada cukup lama. Bahkan untuk gelaran nanti, sudah dilangsungkan beberapa kali “pemanasan” melalui event Jazz Rendez-vous. Begitu pula beberapa hari menjelang hari H akan digelar dua pre event di dua tempat berbeda dengan menampilkan beberapa pengisi acara UVJF.

UVJF menampilkan musisi jazz nasional dan internasional, serta tentu saja musisi jazz dari bali. Nama-nama yang sudah memastikan diri akan tampil di UVJF seperti Peter Beets (Belanda), Dian Pratiwi & Uwe Plath Band (Jerman & Indonesia), Yokohama Association of Artist Orchestra/YAA (Jepang), Joe Rosenberg and Jeko Fauzy Trio (USA/Bali), Koko Harsoe (Bali, Balawan & Batuan Etnic Fusion (Bali), Yuri Mahatma (Bali), Dwiki Dharmawan (Jakarta), Ito Kurdi Quartet (Bali) The Jongens Quartet (Jakarta), Astrid Sulaiman (Bali), Simak Dialog (Jakarta), Chika Asamoto and No Black Tie All stars (Mexico-Japan-USA-Malaysia), Dewa Budjana Quintet (Bali & Jakarta), Pramono Trio (Bali), Eko Soemarsono Group (Bali), Sandy Winarta Quartet (Bali & Jakarta), Underground Jazz Movement (Bali), Openmind Quartet (Jakarta).

Anom Darsana menambahkan, meskipun selama ini musik jazz hanya dinikmati oleh kalangan tertentu (eksklusif), namun dengan UVJF diharapkan bisa lebih membumi. Terlebih lagi pertumbuhan dan peminat musik jazz di kian berkembang di tengah perkembangan semarak musik rock dan metal yang juga membanjiri para minat anak muda di Bali. “Kita harapkan agar jazz memasyarakat. Apalagi Bali memiliki banyak pemusik jazz,” ujarnya.

Anom optimis perkembangan musik Jazz di Bali akan terus meningkat. Apalagi Bali memiliki potensi ke arah sana. Direncakan gelaran festival jazz yang akan dilangsungkan Agustus nanti itu bisa berlanjut sehingga menjadi agenda rutin tahunan tahun. Ia juga berkeyakinan event tersebut akan mencapai sukses seperti yang diinginkan karena event ini berbasis komunitas, bukan event corporate maupun event pemerintah.

Sementara itu Yuri Mahatma selaku co founder UVJF menambahkan, ada sesuatu yang berbeda dari event ini, di mana untuk pertama kali digelar acara musik jazz yang menawarkan konsep green festival, dengan meminimalisasi penggunaan energi, seperti penggunaan LED light diganti dengan obor, recycle material, juga tanpa menggunakan kantong plastik. “Jadi kami harapkan UVJF yang digelar nanti betul-betul mengarah kepada go green dan ramah lingkungan.

Syaharani dan Ireng Maulana akan tampil di Jazz Market by The Sea ke-3

Syaharani dan Ireng Maulana akan tampil di Jazz Market by The Sea ke-3

Tahun ke-3 Jazz di Tepi Pantai

Berselang tak lama setelah UVJF, satu lagi event musik jazz yang layak ditunggu, Jazz Market By The Sea, 16-18 Agustus mendatang. Acara yang memasuki gelaran ke-3 ini tetap dilangsungkan di Taman Bhagawan, Tanjung Benoa. Selain pertunjukan jazz yang dipadukan dengan pasar seni, juga dilangsungkan serangkaian workshop dan klinik musik bersama musisi yang akan tampil.

Hari pertama Jumat (16/8), Jazz Market by The Sea akan menampilkan Sound of Mine, Kevin & Friends, Balawan & The Rising Star, Bali Guitar Club, Lisa Soul & Friends, Ireng Maulana. Keesokan harinya, bertepatan dengan HUT Proklamasi RI ke-58, 17 Agustus, akan tampil Clinic, Bagus Acoustic Trio, Sarasvati Trio, Khatulistiwa, Bali Keroncong Fusion, Syaharani and Queenfireworks, Balawan & The Maestro. Sebagai pemuncak di hari terakhir, Minggu (18/8) tampil Dialog Dini Hari, Widi Noor Fusion, Zeus Little Alliance, Dede & The Cozy Fusion, Sandy Winarta Kwartet dan Barry Likumahuwa. “Yang menarik, mereka akan berkolaborasi dengan kecak,” jelas Jappy, panitia pelaksana event. * adn