Fokus ke Lagu Pop Indonesia

Lang2

LangLang Buana

MENYEBUT nama Langlang Buana, kiranya tak asing lagi bagi mereka yang mengikuti perjalanan musik pop Bali. Ya, meskipun sekarang dikenal dalam skala nasional melalui lagu pop “Jodoh Takkan Lari”, Langlang Buana mengawali kariernya justru di rekaman lagu berbahasa Bali. Namun setelah hampir 10 tahun berlalu, kini ia mulai merasa lebih mantap dan ingin fokus ke lagu pop berbahasa Indonesia.

“Kalau diceritakan memang berawal dari pop Bali. Sekarang main di pop Indonesia, ini pengalaman baru buat saya, walau sempat mencoba di dunia dangdut juga. Beberapa perbedaan yang sudah dilalui inilah yangmembuat saya lebih memantapkan karier di industri music pop Indonesia,” paparnya.

Pria bernama asli Made Wardana ini sudah mulai menunjukkan tekad yang begitu kuat di dunia musik sejak di bangku sekolah, dengan mengikuti berbagai ajang lomba musik. Hingga kemudian mengantarkannya ke dunia rekaman lagu pop Bali, dan merilis sejumlah album bersama antara lain “Tresna Asibak” dan “Med Matunangan”. Di sela kesibukan siaran di radio, ia kemudian mencoba peruntungan di jalur dangdut Indonesia, ketika lolos ke tingkat nasional untuk Kontes Dangdut Indonesia (KDI) putaran ke-3.

Berkali-kali mencoba untuk menunjukkan eksistensi di dunia musik, Langlang Buana mendapat kesempatan cukup bagus ketika merilis single “Jodoh Takkan Lari” secara nasional di bawah label Ghautama Musikindo dan mulai dipublikasikan sejak April 2015. Meskipun langkahnya kali ini cukup berhasil, toh pria kelahiran Denpasar, 17 September ini belum merasa puas.

“Ke depan pastinya saya akan memfokuskan diri untuk melakukan gebrakan yang lebih baik lagi sehingga akan bisa dikenal lebih luas lagi, hingga menjadi suatu kekuatan dan kepuasan tersendiri buat saya. Sekarang fokus dengan jalur pop dulu, dengan kreativitas yang berkualitas tentunya,” ujarnya.

Langlang pun tak memasang target, tidak perlu harus ngotot untuk mencapai sukses tertentu. Yang lebih penting baginya adalah terus berusaha agar selalu bisa bernyanyi untuk membuat banyak orang lain bahagia. Lalu adakah niatnya untuk kembali rekaman lagu pop Bali?

“Niat kembali ke dunia pop Bali pastinya ada. Ya nanti kita lihat bagaimana proses yang nantinya akan mengantarkan saya untuk kembali bisa diterima dengan karya-karya terbaru nanti,” pungkasnya. *231