Lebih Pas Lagu Melankolis

ARDIANTI PARAMITA (DIAN) Foto: Adnyana

ARDIANTI PARAMITA (DIAN)
Foto: Adnyana

MESKIPUN sempat ngetop dengan lagu berirama rancak “Boya Milu-milu” dari album perdana, empat tahun silam, Ardianti Paramita alias Dian merasa lebih cocok membawakan lagu melankolis. Itu pula yang menjadi alasan Dian untuk lebih mewarnai album barunya “Ulian Tresna” dengan kebanyakan lagu-lagu bernuansa sama, balutan musik pop mellow.

“Karakter saya lebih pas untuk lagu-lagu melankolis,” ujarnya di sela-sela peluncuran album barunya “Ulian Tresna” di Denpasar, Minggu (17/7).

Jika di album pertamanya Dian menghasilkan hits “Tusing Jodoh” garapan Jun “Bintang”, kali ini Dian berpaling dengan membawakan lagu-lagu ciptaan Raff “4 WD”. Bahkan nyaris seluruh lagu di album barunya merupakan karya Raff. Hanya ada satu lagu, “Januari” yang dibuat oleh salah satu penggemarnya dari Singaraja, khusus untuk dibawakan oleh Dian. Jika tidak, rencananya malah seluruh lagu akan diisi ciptaan Raff yang di luar aktivitas grupnya cukup rajin menciptakan lagu untuk penyanyi lain. Tak pelak, satu tanya muncul, mengapa musti dominan Raff?

“Tidak ada apa-apa. Kebetulan saja saya suka dan cocok dengan lagu ciptaan Raff. Satu hal yang menarik, saya tidak pernah membawa lagu pulang untuk dihafal. Biasanya saya ke studio, disodori lagu, saya pilih, lalu saya pelajari sebentar, langsung take. Kalau memang ada yang kurang pas atau perlu improvisasi, baru dihubungi lagi oleh arranger-nya,” jelas Dian.

Dara kelahiran 20 Oktober 1987 ini mengawali kiprah di dunia tarik suara sejak masih duduk di bangku SMP dengan mengikuti berbagai ajang lomba seperti Pekan Seni Remaja Denpasar. Namanya makin dikenal publik setelah lolos ajang mencari bakat penyanyi di salah satu stasiun televisi nasional, pertengahan 2006. Di saat bersamaan, Dian juga meluncurkan album lagu pop Bali pertamanya “Boya Milu-milu”. Berselang lima tahun dari album pertamanya, Dian yang kini bekerja sebagai PNS di lingkungan Pemkot Denpasar baru merilis album kedua. Menariknya, peluncuran albumnya yang berbarengan dengan peluncuran VCD The Best of XXX, dihadiri sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkot Denpasar. Tak terkecuali istri Walikota Denpasar yang juga Ketua BK3S kota Denpasar, Ny. Selly D. Mantra berkenan hadir.

“Ini satu bentuk dukungan yang luar biasa bagi saya,” ucap Dian sumringah. ***