“Karma” Dewa Budjana di Album ke-8

dewa2

Dewa Budjana

GITARIS Dewa Budjana, baru saja merilis album rekaman terbarunya yang beredar secara internasional. Album instrumental sebagai bagian dari solo project Dewa Budjana tersebut mulai beredar secara resmi di Amerika sejak Januari lalu. Menarik menyimak judulnya, “Hasta Karma”.

“Sederhana saja, hasta itu kan 8. Karma artinya perbuatan. Jadi saya anggap album ke-8 ini sebagai sebuah karya atau perbuatan yang bisa berarti akan ada karmanya nanti, atau bisa juga karya ini sebagai hasil dari karma yang lalu,” jelas Dewa Budjana kepada mybalimusic.com, Sabtu (28/2).

Di album “Hasta Karma”, musisi berdarah Bali ini bekerja sama dengan sejumlah musisi Amerika seperti Ben Williams (bass), Joe Locke (vibrafon) , dan Antonio Sanchez (drummer yang juga turut menggarap musik untuk film yang Berjaya di piala Oscar 2015. “Birdman”). Sekalipun terhitung sebagai album internasional, untuk sebagian besar judul lagu, Dewa Budjana tetap memasukkan unsur Indonesia. Bahkan salah satu nomor menggunakan judul “Jayaprana”, salah satu kisah legenda dari Bali.

Gitaris yang juga dikenal sebagai personel band GIGI ini menjelaskan untuk rekaman instrumental, pangsa pasar penikmatnya relatif stabil. Selain itu ia pun tidak punya beban atau target harus memasukkan unsur musik ini itu biar jadi seperti apa. Semuanya mengalir begitu saja saat rekaman. Terlebih lagi bekerja sama dengan musisi yang berbeda-beda dengan album yang sudah digarap sebelumnya, bagi Dewa Budjana selalu ada ide-ide segar. Dengan begitu kalau mau dibandingkan dengan album solo sebelumnya, terutama tiga album terakhir yang juga diedarkan oleh Moonjune Record, akan ada sesuatu yang baru, hal-hal berbeda dari garapan musiknya.

“Saya hanya menulis lagunya, nah eksekusinya pada waktu live recording dengan kolaborasi pemain yang berbeda tiap albumnya,” tambahnya.

Kesempatan pergi ke Amerika saat peluncuran album “Hasta Karma” beberapa waktu lalu, juga dimanfaatkan Budjana sekaligus untuk rekaman materi album berikutnya. Tidak tanggung-tanggung, sekali jalan, Dewa Budjana sudah memiliki materi untuk album ke-9 dan album ke-10 yang akan dirilis tahun depan. Musisi yang diajak bekerja sama juga beda lagi, kali ini ada Tony Levin dan Gary Husband. *231