Main Trumpet adalah Nafas Hidup

Rio1

Rio Sidik

DIBANDINGKAN dengan instrumen lain, bisa dikatakan sangat sedikit yang memilih untuk memainkan trumpet. Apalagi sengaja memilih untuk suntuk bermain trumpet. Di antara yang sedikit itu, nama Rio Sidik bisa dimasukkan sebagai salah satu trumpeter (pemain trumpet) andal, bukan hanya di Bali tapi juga di Indonesia.

Memang, meskipun spesialisasinya meniup trumpet, namun dalam tiap penampilannya, Rio juga menyanyi. Hal mana juga dilakukannya untuk album rekamannya yang dirilis belum lama ini, “The Sound of Mystical Vibe”. Untuk ini, Rio pun dengan tegas mengatakan kalau ia lebih suka orang tahu ia sebagai sebagai seorang trumpeter yang bisa menyanyi, bukan sebagai penyanyi yang bisa meniup trumpet.

Apa alasan Rio memilih instrument trumpet, bukan yang lainnya? “Kenapa aku milih trumpet, karena keluargaku semuanya bisa maen trumpet. I feel better to be part of the family. Makanya main trumpet,” jawab Rio santai dalam satu percakapan dengan mybalimusic.com belum lama ini.

Bagi Rio, trumpet tak ubahnya sebagai hidupnya. Terlebih jika dihitung-hitung, ia sudah 28 tahun main trumpet. Bahkan ia sudah intensif latihan tiap hari saat masih berumur 8 tahun. “Aku maen trumpet itu bukan karena cari uang… Bukan kerjaan, tapi itu hidup yang buat aku bernapas. Lebih daripada passion. Bermain trumpet adalah hal yang paling natural buat aku,” tandasnya.

Sebagai musisi, Rio Sidik yang sudah lama malang melintang di berbagai tempat hiburan tak hanya di Bali, namun juga sempat main di sejumlah negara seperti Australia, Malaysia, Portugal, Spanyol, Inggris, Rusia, Korea Selatan, hingga Amerika Serikat. Sempat bergabung dengan grup semisal JIWA, Saharadja, Rio juga projek sendiri yang diberi nama Rio Sidik and His Quintet. Bersama Ito Kurdi (bass), Edy Siswanto (drum), Jeko Fauzi (gitar), Andy Sulaiman (piano, keyboard), Rio masih aktif menghibur tamu di club dan restaurant di seputaran Kuta, Seminyak, Batu Belig. Turut pula mengisi vokal latar, Ade Fabiola Van Elten dan Winny Jessica. *231