Telephone bakal “Berdering” lagi

telephone

Formasi baru grup musik “Telephone”

AWAL 2000-an, Bali mulai banyak melahirkan grup band yang tak sekadar manggung tapi juga menghasilkan karya sendiri dan merekamnya. Salah satu grup yang sempat angkat nama dengan karakter khas nya musik bernuansa elektro adalah Telephone. Namun lebih dari 6 tahun terakhir, grup yang sempat merilis tiga album ini – Telehpnoe (2003), “Selamanya” (2004) , “Episode Koma” (2006) — seakan menghilang dari dinamika musik di Bali. Hingga tiba-tiba muncul kabar, Telephone akan tampil dalam satu pertunjukan di Kuta, 25 November mendatang.

Ya. Telephone bakal “berdering” lagi. Kepada mybalimusic.com, Teguh Setiabudi alias Igo “Blado”, vokalis juga pemain gitar Telephone membenarkan kalau grup ini tengah merancang kebangkitan kembali. “Iya,  Telephone akan manggung lagi utk pertama kalinya setelah 6 tahun vakum. Kami akan tampil sebagai band pembuka untuk KIS yang akan merilis album baru mereka di Boshe, Kuta,” jelasnya.

Ditambahkan, Telephone akan tampil dengan format kedua pasca pengunduran diri Key. Nantinya formasi grup ini menjadi Igo Blado (vokal dan gitar ritem), Fish Hendra (gitar dan synthesizer),  Abdi Dharma (bass) dan Tutde Ariyasa (drum). Tutde sendiri pernah tampil dalam video klip lagu Telephone “Gadis Galaxy” feat.  Ajat Lesmana dengan model Melanie Subono.

Menurut Igo, keinginan untuk membangkitkan kembali Telephone ketika secara tidak sengaja ia melihat sampul album “Selamanya” (2004) yang sempat ia bingkai. “Saya terkejut ketika melihat tahun rilisnya. Itu berarti saat ini tepat 10 tahun. Saya rasa ini waktu yang cukup tepat bagi Telephone untuk berkumpul lagi,” ujarnya.

Keinginan untuk melakukan “reuni” sederhana itu mendapat sambutan baik dari rekan-rekan musisi lain. Hingga Adithya Purnama, manajer band KIS menawari Telephone menjadi band pembuka untuk peluncuran album KIS. Penampilan kembali grup ini setekah vakum cukup lama, juga akan didukung Rio Sidik (trumpet), juga pemain keyboard Erik Sondhy.

Untuk penampilan menandai pulihnya Telephone setelah “koma” enam tahun, Igo mengatakan sudah menyiapkan lima lagu, “Selamanya”, Maharadja” dan “Ingin” yang diambil dari album “Selamanya”. Selain itu juga ada lagu “Tak Seperti yang Kau Bayangkan” — sempat diaransemen ulang dan tercantum dalam album perdana Dialog Dini Hari “Beranda Taman Hati” (2008)— dan “Over Depresi” dari album ketiga “Episode Koma”.

“Kami sangat berharap reuni nanti bisa menjadi sebuah titik awal pemulihan diri setelah 6 tahun menjalani ‘episode koma’. Untuk itu kami berencana akan merilis mini album sesegera mungkin. Kkemungkinan besar Telephone akan meninggalkan format elektronik yang mereka usung sekian lama. Kali ini kami menyadari sepenuhnya, bahwa karya yang ingin kami hasilkan, murni sebagai sebuah luapan berkesenian saja. Murni, tanpa membawa tujuan popularitas atau materi sama sekali,” tandasnya. *231